Abon merupakan makanan gurih dan lezat yang terbuat dari serat daging sapi yang sangat lembut. Ciri khas abon sapi adalah warnanya yang kecoklatan atau kehitaman dengan serat yang tipis halus. Warna coklat pada abon ini disebabkan karena dalam proses pembuatannya, abon ditambah dengan kecap manis untuk bumbunya sehingga memberikan rasa manis dan efek warna coklat.
Abon termasuk jenis makanan kering yang sangat sedikit kadar airnya. Hal ini membuat abon dapat bertahan lama tanpa harus menggunakan pengawet.
Abon banyak digemari oleh orang-orang berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Citarasa abon sapi yang khas telah membuat banyak orang ingin tahu cara membuat abon yang enak dan sesuai dengan selera mereka. Biasanya abon  digunakan sebagai bahan isian makanan, taburan lauk, mie bubur ayam, dan berbagai pelengkap lainnya.

Jika Anda ingin tahu cara membuat abon yang lezat, berikut ini resep membuat abon yang dapat Anda coba dirumah.
Bahan
-    1 kg daging sapi
-    1 ruas ibu jari lengkuas yang dimemarkan atau digeprak
-    2 sendok makan gula merah
-    2 sendok makan ketumbar
-    2 lembar daun salam yang sudah kering
-    4 siung bawang putih
-    300 ml santan murni kental
-    Garam secukupnya

Langkah-langkah Membuat Abon Sapi 
  1. Pertama-tama, rebus daging sapi bersama dengan lengkuas dan daun salam. Rebus sampai daging tersebut teksturnya empuk. Setelah empuk, angkat daging tersebut dan iris tipis-tipis.
  2. Pukul-pukul irisan daging sapi dengan alat pemukul daging sampai daging memar. Setelah itu, suwir-suwir halus daging tersebut.
  3. Panaskan santan. Setelah mendidih, masukkan suwiran daging sapi tadi berserta bahan bumbu halus lainnya. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai santan habis dan daging mengering. Ketika daging sudah mulai kering, bolak-balik daging abon tersebut supaya tidak hangus. Jika abon akan dikonsumsi dalam jangka panjang atau sekedar ingin membuat abon yang awet, buatlah abon benar-benar kering dan tidak ada airnya sehinga bisa disimpan untuk beberapa bulan ke depan.

Anda suka dengan artikel Cara Membuat Abon Sapi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Diet Alami Untuk Ibu Menyusui. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Membuat Abon Sapi" :

Ditulis dalam Kategori Tips Trik.