Apa yang dimaksud dengan tekanan darah tinggi.? Biasanya orang awam mendeskripsikan bahwa si penderita yang di diagnosa mengalami tekanan darah tinggi mudah marah. Menurut medis, tekanan di dalam darah ibarat air ledeng yang mengalir di seluruh pembuluh arteri di dalam tubuh. Nah, tekanan ini dipengaruhi oleh debit air yang mengalir pada pipa arteri. Bila debit air besar itu pertanda tekanan air akan besar (baca : tekanan darah tinggi).

Menurut medis yang dimkasud dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu dari tekanan sistole atau distole lebih tinggi dari yang seharusnya misalnya 120/70 merupakan tekanan darah normal, sebaliknya 250/150 dikategorikan abnormal. Nah, apabila dalam medical check up dokter mengukur tekanan darah lebih dari 120 dikategorikan pasien mengalami gejala tekanan darah tinggi.

Beberapa faktor penyebab tekanan darah tinggi antara lain :

  • Faktor keturunan.
  • Mengerasnya pembuluh darah arteri dan kaku.
  • Terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yang dipengaruhi oleh beberapa faktor keturunan, hormon, fungsi hati dan infeksi.
  • Penyebab lainnya adalah makanan yang berkolesterol, stress dan kegemukan.

Sebenarnya ada cara yang sederhana untuk mencegah tekanan darah tinggi antara lain :

  • Olahraga teratur.
  • Imbangi makanan kolesterol tinggi dengan sayuran dan buah-buahan.
  • Apabila anda mengalami stress dalam bekerja dan pihak pimpinan menuntut deadline, lakukan pekerjaan anda dengan menabung satu persatu tugas kantor. Nah, jika stress terlalu menekan anda usahakan untuk duduk dengan meluruskan kedua punggung (baca : posisi seperti bermeditasi) lalu tarik nafas selama beberapa menit.

Berkembangnya teknologi dan informasi cendrung menuntut manusia untuk melakukan seluruh aktivitas dengan cepat. Ini merupakan pemicu stress dan tekanan darah tinggi sebab minimnya waktu untuk merengangkan otot-otot pada tubuh sehingga menimbulkan penyumbatan pada arteri. (mau tau keserasian pasangan menurut zodiak?)

Mayoritas di zaman yang serba canggih ini penyebab utama gejala darah tinggi adalah stress sehingga menyebabkan peningkatan denyut pada jantung. Beberapa penelitian menunjukkan hipertensi meningkatakan resiko kematian sebab kalau dilihat dari gejalanya jantung selalu berdebar-debar, penglihatan kabur dan sakit kepala. Nah, metode lain dalam mencegah hipertensi yaitu urutlah bagian mata kaki dan jari kaki hingga menemukan titik saraf yang menyebakan sakit kepala. Selamat mencoba bagi para pembaca and keep healthy guys.

Anda suka dengan artikel Cara Mencegah Dan Mengobati Darah Tinggi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengobati Dan Mencegah Tekanan Darah Rendah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mencegah Dan Mengobati Darah Tinggi" :