Darah rendah atau hipotensi adalah kurangnya sel darah serta kurangnya kadar protein di dalam tubuh. Beberapa karakteristik gejala hipotensi antara lain kepala pusing, badan lemas dan kurang bergairah dalam melakukan berbagai aktivitas, sering mengeluarkan keringat dingin dan penglihatan kabur. Bagi penderita yang mengalami gejala hipotensi biasanya tidak memperlihatkan keluhan apa pun. Si penderita masih bisa beraktivitas seperti biasa. Pun tanpa memperlihatkan bahwa si penderita mengalami gejala hipotensi. Biasanya penderita darah rendah sering menguap dan pingsan berulang kali, ini disebabkan lemahnya denyut jantung. Saat melakukan aktivitas wajah akan tampak pucat dan lesu.
Penyebab utama tekanan darah rendah antara lain:

  • Dehidrasi.
  • Kurang teratur dalam mengkomsusmsi makanan khususnya bagi mahasiswa yang memiliki aktivitas padat.
  • Kandungan makanan kurang serat

Di samping itu bagi anda yang memiliki kegiatan yang padat di anjurkan untuk mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan vitamin. Selain vitamin, daun ubi juga bermanfaat dalam menambah hemoglobin darah. Nah, daun ubi ini bisa dikukus dan bisa di santap dengan nasi. Makanan yang kaya serat sangat dibutuhkan oleh tubuh sebab kandungan dalam buah-buahan dan sayuran dapt memicu keringat dalam tubuh. Nah, keringat yang keluar dari dalam tubuh biasanya bisa berupa keringat dingin. Memang untuk mengatasi hipotensi dianjurkan mengkomsumsi makanan dengan kadar garam seperti kukusan daun ubi.

Apabila mengalami gejala seperti yang telah penulis jelaskan, ada baiknya mencoba salah satu teknik sederhana yang dianjurkan oleh dokter. Nah, terlebih dahulu dokter akan memeriksa gejala, umur si pasien, berapa lama si pasien mengalami gejala tersebut. Pada pemeriksaan awal tentunya dokter akan memeriksa tekanan darah si pasien. Selain itu dokter juga akan mengadakan pemeriksaan fisik dengan cara melakukan pemeriksaan secara berulang-ulang denyut nadi—setelah itu berbaring sebentar—kemudian berdiri selama beberap menit. Bagi penderita darah tinggi juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ECG (elektrocardiogram) tujuannya memeriksa denyut jantung dan echochardiogram merupakan menguji denyut suara melalui gelombang suara ultrasonik. Sangat dianjurkan bagi penderita gejala tekanan darah rendah untuk memperhatikan pola makan. Selamat mencoba ! keep healthy. buat yang nyari proposal skripsi matemateka, yuk dibaca.

Anda suka dengan artikel Cara Mengobati Dan Mencegah Tekanan Darah Rendah ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Membuat Dodol Durian. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengobati Dan Mencegah Tekanan Darah Rendah" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengobati.