Ada begitu banyak masakan yang bisa dinikmati di seluruh Indonesia saat ini. Semua orang sepertinya tidak akan kehabisan untuk mencoba banyak resep kuliner yang ada di Indonesia. Salah satu makanan yang selalu mendapatkan perhatian dari banyak orang di seluruh Indonesia adalah yang berasal dari kota Makasar. Makasar memang mempunyai sajian khas yang sangat disukai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan ada banyak bahan makanan yang berasal dari rempah-rempah dimasukkan kedalam masakan yang berasa dari sana.

Makanan yang bernama coto makasar rasanya jadi salah satu makanan yang harus anda coba. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang direbus dengan menggunakan rempah-rempah dan bahan lainnya sehingga kuahnya sangat kental. Selain itu, kombinasi daging dan jeroan membuat rasanya menjadi sangat unik. Untuk membuat coto makasar, anda hanya membutuhkan daging dan jeroan sapi, serai 2 batang, lengkuas sebesar 5 cm yang dimemarkan, daun salam untuk memberikan wangi khas sebanyak 3 lembar, air rebusan beras atau yang biasa disebut air tajin.

Bumbu yang diperlukan untuk membuat coto makasar adalah bawang merah 4 siung, bawang putih 8 siung, ketumbar yang sudah disangrai sebanyak 2 sendok makan, sedikit jintan sangrai, tauco 2 sendok makan, cabe rawit 7 buah, garam dan penyedap rasa. Semua bahan yang sudah disebutkan diatas bisa dihaluskan dengan cara diulek atau diblender sampai halus.

Semua bahan seperti daging dan jeroan sebaiknya direbus dulu hingga empuk dan masukkan sisa bahan lainnya. Jika sudah mendidih, maka matikan kompor. Anda bisa menumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum. Masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi kedalam rebusan daging dan bahan yang lainnya. baca pula cara membuat batagor

Sebagai pelengkap, anda bisa membuat coto makasar menjadi lebih lengkap dengan menambahkan daun bawang, bawang goreng, dan seledri pada semangkuk coto makasar yang sudah sudah dibuat tadi. Selain itu, sebagai penambah cita rasa pedas dan kesegaran, tambahkan abon cabe dan perasa jeruk nipis di mangkuk kecil.

Anda suka dengan artikel Cara Membuat Coto Makassar ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Download Trik Cepat Soal CPNS. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Membuat Coto Makassar" :

Ditulis dalam Kategori Cara Membuat.