Donat memang menjadi salah satu kudapan yang disukai oleh banyak orang. Ada begitu banyak orang yang sangat suka dengan camilan yang satu ini. Sepertinya tidak ada makanan dengan bentuk yang sama seperti donat, yakni berlubang di tengahnya. Rasanya yang beragam dan bisa disiram dengan topping apa saja membuat semua orang ketagihan. Ada juga orang yang membuat donat dari bahan yang tidak biasa, misalnya kentang atau dicampur dengan madu.

Selain karena bentuknya yang sangat unik, rasa yang beragam, ternyata donat memang bisa dibuat dengan mudah. Membuat donat bisa dilakukan dengan waktu yang relatif cepat. Bahan yang digunakan pun terbilang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Bahan-bahan yang digunakan diantaranya adalah tepung terigu, ragi instant, mentega, telur, garam, gula, air dan susu bubuk.

Langkah pertama yang digunakan untuk membuat donat adalah mengocok telur sampai tercampur. Setelah telur tercampur dengan sempurna, masukkan ragi instant. Jangan terlalu banyak memasukkan ragi karena donat akan terasa pahit. Sebaiknya takaran pemakaian disesuaikan dengan membaca dulu aturan pada bungkus ragi instant.

Jika telur dan ragi sudah tercampur, masukkan gula garam, mentega, susu dan tepung. Campur semuanya hingga kalis sambil di tambah dengan air sedikit demi sedikit. Pastikan air yang digunakan  untuk mencampur adalah air dingin atau air es. Jika anda memasukkan air panas, maka adonan tidak akan mengembang karena ragi malah akan ‘mati’ dengan suhu panas.

Ketika adonan sudah menjadi kalis, biarkan adonan dalam suhu ruang. Anda bisa menutup wadah adonan tadi dengan lap yang lembab. Biarkan adonan mengembang dengan sempurna. Waktu yang dibutuhkan biasanya adalah sekitar tiga puluh menit. Jika adonan sudah bisa dicetak, maka donat bisa dicetak atau dibuat secara manual. Jangan mencetak terlalu kasar karena donat malah akan kempes dan tidak mengembang kembali. Cara Membuat Daging Burger

Goreng donat hingga kecoklatan. Anda bisa menambahkan beberapa topping sebagai hiasan sekaligus sebagai penambah rasa. Rasa dan hiasan yang biasanya digunakan adalah coklat cair atau gula putih bubuk.

Anda suka dengan artikel Cara Membuat Donat Sederhana ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Memperbanyak Jumlah ASI. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Membuat Donat Sederhana" :