Ambeien adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh mereka yang menghabiskan waktu dan kesehariannya dengan duduk sepanjang hari, baik itu karena tuntutan pekerjaan atau bahkan karena enggan beranjak dari kursinya. Ambein juga sering menyerang mereka yang sangat sering mengangkat beban yang terlalu berat dalam waktu yang lama.

Salah satu hal yang perlu diketahui penyebab ambeien adalah ketika pembulu darah yang ada pada anus melebar. Hal ini dikarenakan pembuluh darah tersebut tidak mendapatkan suplai darah dari jantung karena sumbatan tertentu. Hal ini diperparah dengan adanya selaput lendir yang kemudian menutupi pembuluh darah tersebut dan menumpuk hingga menjadi tonjolan.

Beberapa orang mengatakan bahwa mencegah ambeien bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi banyak serat, yang berasal dari sayuran dan buah. Sayuran dan buah akan membuat seseorang membuang kotorannya dengan mudah tanpa harus mengejan. Mencegah ambeien bisa dilakukan dengan menghindari mengejan ketika hendak buang air besar. Jika seseorang mengejan dalam waktu yang lama dan terus menerus, maka selaput ini akan robek dan menyebabkan tonjolan keluar dari anus.

Selain dengan banyak makan sayur dan buah, mencegah ambeien bisa dilakukan dengan cara menghindari makanan yang pedas. Makanan yang pedas merangsang seseorang untuk terus mengejan dan buang air besar terus menerus. Selain itu, makanan yang mengandung bumbu yang kental dan kaya akan rempah-rempah pun sebaiknya dihindari dulu.

Ambeien yang ada pada  seseorang harus diobati ketika sudah parah dan berdarah. Hal yang harus dicermati adalah  ketika ada darah ketika buang air besar dan nyeri pada bagian anus sekalipun tidak akan buang air besar.

Tonjolan yang keluar dari anus pun yang sudah terasa menganggu sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter. Menunda pengobatan ambeien hanya akan memperparah seseorang dalam melakukan aktifitas sehari-hari karena nyeri. Dokter akan memberikan metode pengobatan  yang berbeda-beda, tergantung dari stadium ambeien yang diderita. Jika ambeien yang diderita sudah terlalu parah, maka  dokter biasanya akan mengambil tindakan operasi untuk membuang tonjolan  tersebut

Anda suka dengan artikel Cara Mencegah Dan Mengobati Ambeien ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mencegah Dan Mengobati Anemia. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mencegah Dan Mengobati Ambeien" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengobati.