Anemia adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena seseorang kekurangan sel darah merah. Seperti yang kita ketahui, sel darah merah adalah salah satu  elemen yang sangat  penting bagi seseorang untuk tetap mendapatkan oksigen dalam jumlah yang tepat dari paru-paru. Paru-paru akan menyebarkan oksigen untuk  Dibawa oleh sel darah merah dan  disebarkan keseluruh tubuh. Seseorang yang tidak mempunyai sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen ini adalah seseorang yang terkena anemia.

Gejala yang nampak dari anemia diantaranya adalah lemas, letih dan lesu. Selain itu, penderita juga akan sulit berkonsentrasi dalam berpikir dan mengalami pusing bahkan hingga depresi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia. Diantaranya adalah mengkonsumsi banyak Sayuran hijau dan buah-buahan untuk membuat tubuh lebih mudah cepat dalam memproduksi sel darah merah. Sayuran mengandung banyak kandungan seperti zat besi dan asam folat.

Beberapa makanan lainnya yang bisa mencegah anemia adalah daging, kerang dan ikan, dimana semua makanan ini mengandung zat besi yang cukup tinggi. Beberapa orang menyarankan agar penderita anemia mengkonsumsi hati ayam atau hati sapi. Selain itu, keju, susu dan telur juga menjadi salah satu makanan yang bisa membuat seseorang terbebas dari penyakit ini. Kacang-kacxangan juga termasuk pada salah satu makanan yang bisa mencegah anemia. Beberapa masakan yang mengandung banyak sayuran dan kacang-kacangan adalah salah satu menu yang harus di santap oleh penderita anemia.

Mencegah anemia bisa dilakukan juga dengan cara berolah raga dengan rutin dan teratur untuk membuat tubuh bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Selain itu, tubuh juga akan terasa lebih segar dan daya tahan yang baik.

Namun jika anemia sudah menyerang, maka pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki pola makan menjadi lebih bergizi lagi. Dalam beberapa kasus tertentu, obat atau suplemen penambah darah adalah salah satu item yang disarankan untuk mempertahankan keadaan dari penderita anemia hingga makanan yang disantapnya diserap oleh tubuh dan menghasilkan sel darah yang baru.

Anda suka dengan artikel Cara Mencegah Dan Mengobati Anemia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mencegah Dan Mengobati Amandel Pada Anak. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mencegah Dan Mengobati Anemia" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat. soal un smp 2013 matematika,