Jerawat memang menjadi sesuatu yang tidak diinginkan bagi setiap orang. Bagaimana tidak, jerawat dapat mengganggu bahkan merusak penampilan, apalagi itu adalah jerawat batu. Apakah jerawat batu itu? Jerawat batu merupakan salah satu bentuk radang atau inflamasi kulit yang disebabkan oleh kotoran baik dari dalam lapisan kulit maupun lapisan luar kulit seperti toksin, debu, dan lapisan minyak yang mengeras dengan bantuan panas matahari dan kebiasaan kurang bersih diri. Jerawat batu memang terbilang sulit dihilangkan karena teksturnya yang sangat kontras dan biasanya berukuran besar.

Setiap orang yang ingin tampil cantik atau tampan di beberapa kesempatan tentu tidak rela wajahnya berjerawat. Wajah merupakan bagian tubuh yang paling utama dalam hal penilaian penampilan seseorang. Berbagai cara dilakukan orang untuk menjaga penampilan terutama kemulusan wajahnya mulai dari cara alami dan terapi dengan menggunakan obat serta kosmetik sintetik. Penggunaan obat anti-jerawat dan kosmetik kimiawi terkadang beresiko mengingat efek samping yang berbahaya. Beberapa jenis kosmetik bahkan mulai dilarang penggunaannya karena terbukti dapat merusak kulit wajah dan menimbulkan resiko kanker. Oleh karena itu sebagian orang sadar dan kembali ke cara-cara alami dalam merawat wajah dan mencegah timbulnya jerawat.

Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah datangnya jerawat batu :
1.    Membiasakan diri hidup bersih.
Kebiasaan ini seperti mandi minimal dua kali sehari, rajin cuci muka dengan air bersih terutama pada malam sebelum tidur dan siang hari. Hindari tempat yang banyak asap dan debu. Sepertinya tidak sulit melakukan kebiasaan hidup bersih di atas.

2.    Rajin mengkonsumsi buah dan sayur.
Buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C dan E dapat mencegah terbentuknya jerawat serta mencerahkan kulit. Hal ini disebabkan vitamin C bekerjasama dengan vitamin E sebagai antioksidan dan berperan dalam proses regenerasi kulit.

3.    Khusus untuk wanita yang mengalami menstruasi dengan efek timbulnya jerawat ringan, jangan coba-coba memaksakan diri untuk memencet jerawat tersebut. Jika dilakukan akan memungkinkan peradangan yang lebih besar dan bisa saja berubah menjadi jerawat batu.

4.    Terapi dengan cara alami seperti dengan masker kulit pisang, tomat, timun, dan daun cabe setiap sebelum tidur.

Demikianlah cara mencegah timbulnya jerawat batu untuk anda khususnya para remaja yang beranjak dewasa yang selalu ingin menjaga penampilan agar selalu tampil cantik atau tampan. Selamat mencoba !

Anda suka dengan artikel Cara Mencegah Datangnya Jerawat Batu ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mencegah Dan Mengobati Campak. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mencegah Datangnya Jerawat Batu" :

Ditulis dalam Kategori Blog.