Anda mengalami banyak masalah yang membuat anda depresi berlebihan? Atau anda memiliki trauma yang selalu menghantui anda sehingga anda mengalami depresi? Anda mungkin menganggap diri anda sebagai tipe orang yang tidak cukup kuat untuk menghadapi berbagai masalah. Suatu problema hidup bisa saja dapat mengganggu pikiran anda secara berlebihan bahkan menyebabkan stress jika anda merasa tidak mampu menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

 

Otak manusia juga memiliki batas-batas kinerja tertentu dalam mengontrol respons sel saraf yang mengacu pada kapasitas berpikir seseorang. Otak juga memerlukan istirahat dan kondisi relaksasi. Jika otak dipaksakan untuk berpikir secara berlebihan makan akan menurunkan kemampuan sebagian saraf otak untuk merespons secara normal. Apabila ini terjadi maka akan menyebabkan seseorang menjadi stress bahkan gangguan jiwa. Seseorang yang mengalami gangguan jiwa akan merespons segala sesuatu secara tidak normal. Namun, sebenarnya gangguan jiwa itu dapat disembuhkan.
Fenomena stress dan gangguan jiwa yang banyak terjadi pada manusia belakangan ini hendaknya memberikan peringatan kepada anda agar selalu menjaga kondisi pemikiran. Anda harus menghindari depresi yang dapat muncul sewaktu-waktu apabila anda merasa memiliki masalah yang anda anggap sangat membebani pikiran anda. Namun, jika itu terjadi, ada beberapa cara mengatasi depresi yang berlebihan antara lain sebagai berikut :
1.    Bersikaplah terbuka.
Jika anda menghadapi masalah yang berat dan merasa tidak menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, maka berkonsultasi dengan beberapa orang yang anda anggap dapat memberikan solusi. Atau paling tidak anda mau menceritakan masalah anda kepada orang yang dianggap tepat atau bisa dipercaya. Keterbukaan anda tersebut akan mengurangi beban pikiran anda, terlebih jika anda mendapatkan beberapa alternatif solusi yang menurut anda layak untuk direalisasikan. Selain itu akan menimbulkan perasaan bahwa anda tidak sendiri.
2.    Luangkan waktu untuk berekreasi atau berlibur seperti mengunjungi tempat-tempat wisata yaitu pantai, pegunungan, taman bermain, dan lain sebagainya. Rekreasi dapat mengurangi penat dan beban pikiran anda.
3.    Cari hal-hal yang dapat membuat anda tertawa seperti menonton acara televisi komedi atau bergaul dengan teman-teman yang humoris. Hal ini dapat membuat anda lebih rileks dalam berpikir ke depannya.
4.    Rajin-rajinlah beribadah dan berdoa.
Cara ini mungkin terdengar klise, namun penulis percaya bahwa cara ini ampuh dalam mengatasi problema hidup. Karena Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan hamba-Nya.

Demikianlah cara mengatasi depresi yang berlebihan untuk anda yang mengalami berbagai masalah yang kerap mengganggu pikiran anda. Semoga beberapa saran diatas dapat bermanfaat bagi kemajuan hidup anda.

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Depresi Yang Berlebihan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mencegah Dan Mengobati Diabetes Mellitus. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Depresi Yang Berlebihan" :

Ditulis dalam Kategori Blog. download depresi jiwa menurut islam,