Datangnya musim hujan terkadang membuat membuat kita was-was akan kondisi kesehatan kita. Hal ini dikarenakan pada musim ini kita rentan terserang penyakit flu dan batuk. Biasanya flu dan batuk ini lebih mudah menyerang anak-anak dan orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah. Flu yang disertai batuk kadang-kadang menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan dan menyiksa, apalagi di malam hari, istirahat pun jadi terganggu.

Flu terjadi karena adanya infeksi virus. Jika kondisi kekebalan tubuh kita menurun, maka akan mudah terkena flu. Batuk pilek biasanya merupakan efek ikutan. Bahkan tak jarang berimbas kepada sakit kepala dan demam. Jika kita merasa seringkali terserang flu dan batuk, maka jangan anggap remeh. Segeralah periksakan diri ke dokter atau klinik-klinik pengobatan terdekat.

Nah ada berbagai cara untuk mengatasi flu dan batuk yang menyerang antara lain menurut Dr. Sony Prabowo, Sp.A lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (2013) yaitu :

Kenali gejala flu dan batuk
Flu biasanya memiliki tanda-tanda hidung berlendir, tenggorokan sakit, kadang-kadang disertai sakit kepala maupun demam. Batuk harus dikenali apakah tergolong batuk kering atau batuk berdahak. Jika mengalami flu biasanya lebih cenderung disertai batuk berdahak jika tidak ada riwayat penyakit Radang paru-paru atau TBC. Hal ini diperlukan dalam memilih jenis obat yang disesuaikan dengan penyakit spesifik yang diderita pasien karena menggunakan obat flu dan batuk yang banyak macamnya tidak bisa sembarangan.

Tingkatkan kekebalan tubuh
Istirahatlah yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi terutama buah-buahan dan sayuran segar terutama yang banyak mengandung vitamin C , banyak minum air putih hangat, mandi air hangat, hindari tubuh dari terkena udara dingin terlalu banyak.

Berolahraga cukup.
Berolahraga pagi penderita flu dan batuk yang penting hanya sebatas mengeluarkan keringat saja, tidak perlu dipaksakan dengan latihan berat. Lebih baik dengan mengikuti olahraga permainan seperti sepakbola, bola voli, badminton, dan lain sebagainya. Berolahraga dapat meningkatkan sistem imun yang menstimulasi sel antibodi dalam tubuh.

Gunakan vaksin flu bila diperlukan

Hirup uap panas
Uap panas dapat menghambat atau membunuh virus penyebab flu.

Demikianlah beberapa cara mengatasi batuk dan flu, mudah-mudahan kita tetap menjaga kesehatan dimana pun kita berada dan menjaga pikiran agar tidak stress. Karena mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati.

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Flu Dan Batuk ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Flu Dan Batuk" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengatasi.