Apakah anda sekarang merasa menjadi seorang yang pelupa atau kurang fokus? Atau sering dibilang “lemot” oleh rekan-rekan anda? Hal itu mungkin diakibatkan oleh daya ingat dan konsentrasi anda rendah. Banyak faktor yang menyebabkan orang menjadi mudah lupa dan kurang fokus misalnya sering stress, faktor usia, faktor nutrisi, dan faktor eksternal lainnya seperti pengaruh lingkungan dan pendidikan.

Faktor usia biasanya menjadi faktor utama yang menyebabkan daya ingat dan konsentrasi menurun. Semakin bertambahnya usia secara otomatis akan menurunkan fungsi kerja otak sebagai pusat kontrol aktivitas alat indera. Itulah yang terjadi pada kebanyakan orang yang berusia lanjut.

Namun ternyata penyakit mudah lupa dan kurang konsentrasi juga banyak menghinggapi orang yang berusia muda dan tergolong usia produktif. Hal ini disebabkan terlalu banyak beban pikiran dan waktu istirahat yang tidak cukup. Selain itu asupan gizi yang baik untuk menunjang kinerja otak kurang terpenuhi dengan baik. Dan pengaruh pendidikan dalam keluarga yang menunjukkan rendahnya kepedulian orang tua terhadap cara meningkatkan perkembangan otak anak.

Pada orang yang di masa kecilnya kerap mendapat kekerasan dari orang-orang terdekat akan menimbulkan trauma mental yang berdampak pada terganggunya perkembangan emosional dan kecerdasan anak. Gangguan mental ini bisa berimbas pada rasa kurang percaya diri yang berlebihan sehingga sulit untuk mengembangkan diri sendiri.

Akan tetapi anda tidak perlu takut karena ada berbagai cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi antara lain yaitu :

1.    Konsumsi makanan yang kaya kandungan omega 3 pada ikan, susu, telur, sayur bayam, dan buah alpukat. asam lemak omega-3 dari dulu merupakan sahabat otak dan dipercaya meningkatkan kecerdasan.

2.    Minum teh atau kopi 1 gelas sehari pada siang atau pagi hari.
Menurut hasil penelitian Psikolog Lars Kuchinke dari Universitas Ruhr, Jerman terhadap 66 relawan menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein maksimum 2 cangkir kopi sehari akan mengarahkan orang ke respons yang lebih cepat dan lebih sedikit membuat kesalahan dalam tugas-tugas mental sederhana.

3.    Tidur pada siang hari sekitar 1-1,5 jam yang dianjurkan antara pukul 12.00 s.d 15.00. Tidur siang yang cukup dpercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak.

4.  Melatih diri menghafalkan sesuatu sesering mungkin. Misalnya menghapalkan suatu kalimat penting atau janji penting tanpa bersuara keras. Kegiatan ini mungkin terlihat sepele, tapi jika dilakukan sesering mungkin akan melatih dan meningkatkan kemampuan otak.

5.    Sering-sering menonton acara komedi dan bergaul dengan orang yang humoris. Walaupun belum ada penelitian secara spesifik mengenai ini, tapi dipercaya aktivitas ini dapat membuat otak lebih rileks dan mudah merespons segala sesuatu.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Mudah-mudahan dapat dijadikan pertimbangan untuk menjaga kualitas hidup anda. Lakukanlah mulai detik ini juga dan buktikan sendiri dampak positifnya.

Anda suka dengan artikel Cara Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengatasi Depresi Yang Berlebihan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi" :

Ditulis dalam Kategori Blog.