Mempunyai keturunan adalah keinginan yang mutlak bagi pasangan suami istri karena hidup akan terasa lebih lengkap. Salah satu faktor penting yang dapat menunjang dalam memperoleh keturunan adalah kualitas hubungan suami istri. Jika anda termasuk pasangan yang belum memiliki keturunan, maka sangat dianjurkan untuk berusaha maksimal dengan cara konsultasi kesehatan dan jangan lupa untuk tetap berdoa kepada Tuhan. Anda dan pasangan anda harus selalu mencari tahu tentang hal-hal yang berkaitan dalam bidang kesehatan dan permasalahan hubungan suami istri terutama untuk masalah hubungan intim.

Berhubungan intim bagi sebagian pasangan resmi dianggap sebagai ritual wajib dilakukan secara rutin. Selain itu, berhubungan intim (seks) merupakan jalan untuk memperoleh keturunan. Menurut berbagai penelitian, saat ini banyak sekali terjadi permasalahan menyangkut kualitas hubungan suami istri. Tidak hanya para suami, para istri pun banyak yang mengeluhkan tentang perilaku pasangannya dalam berhubungan intim. Dari berbagai survey oleh ahli seksologi terkenal Indonesia Dr.Boyke HS, para istri mengeluhkan tentang ketidakmampuan suami dalam memenuhi kebutuhan kebutuhan biologi istrinya. Banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi salah satunya kesehatan organ vital dan kemampuan menghasilkan sperma yang berkualitas.

Kualitas sperma jelas menjadi sesuatu yang esensial dalam usaha memperoleh keturunan. Karena untuk memungkinkan terbentuknya embrio sebagai calon bayi, diperlukan kualitas sperma yang dihasilkan testis pria yang dapat mencapai sel telur yang dihasilkan ovarium wanita dengan baik sehingga satu dari berjuta sel sperma yang tersedia dapat menembus dinding sel telur. Kemudian akan terjadi pembuahan pada masa tertentu akan terbentuk embrio calon bayi di dalam janin.

Seringkali masalah kemandulan menghambat keinginan anda dalam memperoleh keturunan. Untuk kaum pria atau para suami kemandulan sebenarnya berkaitan dengan kondisi kualitas sperma yang kurang baik. Biasanya sperma yang kurang baik bisa diamati dari jumlahnya yang sedikit dan jangkauan (jarak tempuh)pada saat orgasme kurang maksimal. Sperma yang baik kondisi fisiknya lebih kental berwarna putih pekat dan jarak tempuh yang jauh (kira-kira lebih dari 15 cm dari mulut penis).

Selain itu, adanya faktor genetik (keturunan) juga menyebabkan anda mandul. Anda para suami tidak perlu kecewa dengan kondisi itu. Tetaplah berusaha dan bersabar dalam berhubungan suami istri karena tentunya masih banyak cara untuk mewujudkan impian anda para suami dalam memperoleh keturunan. Berikut penulis rangkum 5 cara untuk meningkatkan kualitas sperma :

1.    Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah sperma secara rutin, misalnya putih telur, buah alpukat, beras merah, daging ikan salmon, dan kacang kedelai (tahu dan tempe). Khusus buah alpukat dan putih telor merupakan sumber protein tinggi, vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan  hormon testosteron yang meproduksi sperma.

2.    Berolahraga secara teratur.
Olahraga juga dapat meningkatkan kemampuan sel-sel saraf terutama pada organ vital agar dapat bekerja maksimal sehingga sperma dapat menjangkau sel telur dengan baik.

3.    Hindari stress
Stress dapat menurunkan kinerja hormon seks yang berpengaruh pada kualitas sperma.

4.    Jagalah bagian testis agar suhunya tidak panas. Hindari hal-hal yang dapat menurunkan jumlah sperma seperti menggunakan celana dalam atau jeans yang ketat. Pemakaian celana yang ketat dapat menimbulkan gesekan dan meningkatkan suhu pada testis. Sel sperma akan terdegradasi dan mati pada suhu yang tinggi. Selain itu, duduk di tempat duduk/kursi yang suhunya agak panas juga harus dihindari agar sperma tidak berkurang jumlahnya.

5.    Lakukan gerakan latihan pernapasan setiap pagi. Gerakan mirip gerakan yoga dipercaya dapat meningkatkan kinerja hormon testosteron.

Dari uraian diatas dapat dijadikan referensi bagi anda para suami yang mengalami masalah dalam berhubungan intim. Yang penting adalah agar anda tetap optimis dan selalu berusaha. Jangan lupa untuk berdoa agar usaha anda sesuai dengan keinginan anda.

Anda suka dengan artikel Cara Meningkatkan Kualitas Sperma ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh.. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Meningkatkan Kualitas Sperma" :