Metabolisme merupakan proses reaksi kimiawi yang terjadi dalam sel tubuh kita. Metabolisme  jelas menjadi faktor utama dalam kehidupan makhluk hidup. Makanan yang kita makan akan berubah menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari melalui proses metabolisme tersebut.

Orang yang metabolisme tubuhnya terganggu, maka akan lebih mudah terserang penyakit.  Metabolisme sendiri sangat kompleks jika dipelajari lebih dalam. Pada bagian ini hanya akan dibahas bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara yang pertama adalah dengan memperbanyak makan makanan yang bergizi seperti yang tinggi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.  Sumber makanan ini bisa dari nasi, jagung, kacang-kacangan, susu, ikan, daging, buah-buahan dan sayuran. Makanan tersebut hendaknya dikonsumsi secara teratur. Buah-buahan dan sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang dapat berfungsi sebagai katalisator dan kofaktor pada enzim yang dapat mempercepat proses metabolisme sel tubuh manusia (Lehninger, 1991).

Kedua, berolahraga secara teratur.
Aktivitas olahraga memerlukan banyak energi dengan cara membakar kalori tubuh. Orang yang rajin berolahraga, metabolismenya lebih baik dibandingkan orang yang kurang aktivitas dan gerakan tubuh. Pada saat berolahraga, cadangan energi ditingkatkan sehingga proses pemecahan zat-zat makanan berjalan lebih cepat.

Istirahat cukup.
Waktu istirahat yang baik untuk meningkatkan metabolisme adalah mulai pukul 21.00 sampai dengan pukul 05.00 pagi. Pada rentang waktu tersebut metabolisme berjalan secara optimal. Tubuh kita beristirahat, namun proses di dalam sel tetap berjalan pada fungsi tertentu. Orang yang sering begadang mudah terserang penyakit karena metabolisme tidak berjalan dengan baik. Selain itu dianjurkan untuk sarapan pada pagi hari antara jam 07.00 sampai dengan jam 08.00 pagi. Istirahat pada siang hari dari jam 13.00 setelah makan siang sampai dengan jam 15.00 juga dianjurkan untuk memaksimalkan kinerja sel dalam mencerna zat makanan menjadi energi.

Hindari stress.
Stress dapat melemahkan stimulasi otak dalam mengontrol kinerja metabolisme sel sehingga dapat berdampak pada kesehatan tubuh.
Selain cara-cara di atas, anda dianjurkan juga untuk melakukan aktivitas seperti rekreasi, yoga, dan kegiatan relaksasi lainnya untuk menenangkan pikiran. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak sehingga perintah untuk melakukan metabolisme sel berjalan sebagaimana mestinya. Itulah berbagai hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Anda suka dengan artikel Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh. ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengatasi Flu Dan Batuk. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh." :

Ditulis dalam Kategori Blog.