Mendengkur adalah masalah yang biasanya dialami oleh kaum pria, hal ini dikarenakan pria biasanya memiliki lemak di bagian leher dan dada yang bisa menyebabkan penyempitan saluran udara saat tidur sehingga menimbulkan suara dengkuran. Walaupun begitu, bukan hanya kaum pria yang mengalami masalah ini dalam tidur. Banyak juga kaum wanita yang mengalami masalah ini.

Mendengkur biasanya disebabkan karena masalah pada hidung, sinus, radang amandel, kelebihan beratbadan, konsumsialkohol, faktorusia, danposisitidur. Orang yang berkemungkinan mendengkur saat tidur biasanya adalah orang dengan lingkar leher yang lebih dari 40 cm. Namun jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah mendengkur ini.

Cara pertama adalah dengan posisi tidur. Salah satu kemungkinan penyebab dengkuran adalah posisi tidur yang salah. Oleh karena itu, saat anda merasa mendengkur saat tidur, ubahlah posisi tidur, bisa dengan cara mengangkat posisi kepala saat tidur dan meninggikan atau dengan menambah bantal anda.

Cara kedua adalah dengan menurunkan berat badan karena faktor penyebab dengkuran lainnya adalah kelebihan berat badan. Mulailah hitung lingkar leher anda, jika sudah mendekati angka dibawah 40 cm, mungkin diet anda bisa dihentikan sebentar lagi.

Cara ketiga adalah dengan menghindari konsumsi alkohol dan obat penenang.

Cara keempat adalah dengan mengatur makanan sebelum tidur, hindari makanan berlemak dan susu sebelum tidur yang bisa menyebabkan tenggorokan anda berlendir saat tidur dan menimbulkan suara dengkuran.

Cara kelima adalah dengan bernyanyi, orang yang melatih suara tingginya bisa mengendurkan otot dan menghindari suara dengkuran saat tidur.

Cara keenam adalah dengan menghirup uap air sebelum tidur, menghirup uap air sebelu tidur dapat membersihkan rongga hidung anda agar tidak menghambat udara masuk saat tidur.

Cara terakhir adalah dengan senam rahang. Senam rahang bisa dilakukan dengan membuka mulut selebar mungkin sambil memegangi rahang anda, setelah itu julurkan lidah anda sepanjang mungkin, lakukan senam ini selama kurang lebih 30 detik sebelum tidur.

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Ngorok (mendengkur) ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Harga Sepeda Gunung Polygon. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Ngorok (mendengkur)" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengatasi.