Tidur merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan seseorang. Penelitian membuktikan bahwa anak yang tidur cukup memiliki kecerdasan melebihi anak yang tidurnya tidak teratur.

Tidur yang terlalu lama akan menyebabkan kepala pusing saat berktifitas, tidur yang kurang juga akan menyebabkan lemas. Oleh karena itu, tidur harus cukup dan berkualitas agar anda bisa produktif setiap harinya.

Berikut beberapa tips agar tidur anda berkualitas.

Pertama adalah dengan berolahraga. Bukan hanya membakar kalori, olahraga juga bisa membuat anda tidur lebih cepat di malam hari dan juga nyenyak.

Kedua, jadwalkan waktu tidur anda.Jam tidur yang tidak pasti setiap harinya bukan hanya membuat anda sulit tidur tapi juga metabolisme tubuh anda akan berantakan. Kenali juga kebiasaan anda agar jam tidur tersebut tidak terlewat, pastikan anda melakukan kebiasaan anda setengah jam sebelum jam tidur agar tidak mengganggu jam tidur anda. Misalnya, anda memiliki kebiasaan membaca buku di malam hari, jika anda sudah menentukan jam tidur di jam 10 malam, maka pastikan anda sudah puas membaca sebelum jam setengah 10.

Ketiga, jangan makan makanan berat sebelum tidur. Selain baik untuk menurunkan berat badan, tidak mengonsumsi makanan berat sebelum tidur juga baik untuk kualitas tidur anda. Makanlah makanan yang ringan saat makan malam.

Keempat, tidurlah dalam keadaan lampu dipadamkan. Cahaya lampu akan mempengaruhi metabolisme saat kita tidur sehingga menganggu kualitas tidur.

Kelima, matikan komputer anda setengah jam sebelum tidur. Melakukan aktivitas didepan komputer beberapa menit sebelum berbaring untuk tidur membuat anda merasa tidak rileks dan akan mengurangi kualitas tidur.

Keenam, tidurlah diatas kasur yang nyaman. Perhatikanlah juga kualitas kasur yang anda miliki dirumah. Jika kualitas kasur sudah mulai burukĀ  misalnya busa yang mulai tipis, terutama untuk kasur model spring bed yang akan membuat anda merasakan per di punggung anda saat busa menipis. Pilihlah kasur kapuk yang tidak akan berkurang kualitasnya mungkin kecuali kualitas jaitan.

Anda suka dengan artikel Tips Agar Tidur Berkualitas ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Fitnes Yang Baik Dan Benar. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Agar Tidur Berkualitas" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.