Mengkudu merupakan salah satu tanaman herbal yang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, manfaat buah mengkudu bagi kesehatan sudah diuji secara klinis dan benar-benar efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Mengkudu dikenal dengan baunya yang busuk. Padahal, bau busuk ini disebabkan karena mengkudu mengandung banyak zat dan vitamin yang baik untuk kesehatan.

Buah mengkudu yang masih muda memiliki warna hijau mengkilap dengan bintik-bintik. Saat sudah tua, buahnya berwarna putih dengan bintik-bintik warna hitam.
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Mengkudu memiliki kandungan vitamin, mineral, peptida, asam amino, dan enzim dengan keseimbangan yang sempurna. Semua nutrisi yang terkandung dalam buah ini sangat berperan penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus buah mengkudu dapat mencegah efek radikal bebas yang disebabkan karena polusi dan makanan yang kita konsumsi. Hal ini disebabkan karena mengkudu mengandung antioksidan alami seperti koenzim Q10 dan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh.
Anti Inflamasi
Buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi. Dengan sifat ini, buah mengkudu telah terbukti dapat mencegah terjadinya peradangan dan menurunkan resiko mengalami serangan jantung.
Analgesik
Buah mengkudu sudah sejak lama diketahui memiliki sifat sebagai penghilang rasa sakit. Daun buah mengkudu dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan sakit kepala. Sejak dulu, konon banyak orang telah menggunakan daun dari buah mengkudu untuk menyembuhkan nyeri sendi. Buah mengkudu memiliki kandungan analgesik sekitar 75% yang bekerja efektif sebagai morfin sulfat untuk mengurangi nyeri sendi.
Anti Kanker
Buah mengkudu ternyata dapat menjadi obat herbal untuk mengatasi kanker. Buah mengkudu diketahui memiliki senyawa yang dapat mencegah terjadinya kerusakan DNA dan mencegah kanker. Selain itu, buah mengkudu juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.
Mengendalikan Tekanan Darah
Mengkonsumsi buah mengkudu secara langsung, jus, atau suplemen sangat dianjurkan karena buah mengkudu mengandung nutrisi yang dapat mengendalikan tekanan darah sehingga menjadi lebih stabil sekaligus dapat mengatasi tekanan darah tinggi.

Anda suka dengan artikel Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Manfaat Daun Srikaya. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan" :

Ditulis dalam Kategori Blog.