Buah sukun termasuk tanaman dari famili moreceae. Buah ini sering dikenal sebagai buah roti. Daging buahnya berbentuk bulat berwarna putih. Selama ini, buah sukun termasuk makanan yang cukup banyak dikonsumsi di Indonesia.

Buah sukun bisa digoreng, direbus, dibuat keripik, dan dibuat menjadi tape melalui sistem fermentasi. Selain memiliki rasa yang lezat, buah sukun ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Supaya kita semakin bersemangat mengkonsumsi buah sukun, berikut ini beberapa manfaat buah sukun untuk kesehatan.

Menurunkan Kadar Gula Darah
Bagi para penderita diabetes, buah sukun bisa menjadi salah satu makanan yang dapat membantu mengontrol gula darah. Buah sukun diketahui dapat menurunkan kadar gula darah sehingga kembali dalam keadaan normal. Hal ini sangat membantu penderita diabetes karena kadar gula darah mereka cenderung tinggi dan sulit dikendalikan.

Menyembuhkan Penyakit Liver dan Kuning
Buah sukun ternyata dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit liver dan penyakit kuning. Cara pengobatannya, ambilĀ  satu buah sukun dan belah menjadi empat bagian. Rebus sukun tersebut sampai mendidih. Minum air rebusan sukun tersebut secara teratur. Selain meminum air rebusannya, Anda juga bisa mengkonsumsinya rebusan buah sukun tersebut. Minum ramuan ini selama 2 minggu secara teratur, maka penyakit liver pun akan segera sembuh. Selain menggunakan buahnya, daun buah sukun juga bisa digunakan untuk mengobati liver. Caranya, ambil 10 helai daun sukun yang sudah berwarna kuning. Rebus hingga mendidih dan minum ramuan ini selama 2 minggu.

Menurunkan Kolesterol
Selain dapat menyembuhkan penyakit liver dan kuning, buah sukun juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Manfaat ini bisa diperoleh dari daun buah sukuh. Caranya, siapkan segenggam daun sukun kering. Setelah itu campur dengan segenggam daun bangle. Setelah itu seduh campuran daun tersebut dengan air panas. Tunggu sampai airnya dingin. Anda bisa meminum ramuan ini secara teratur. Untuk mengurangi rasa pahitnya, Anda bisa menambahkan sedikit madu atau gula sehingga rasanya tidak akan terlalu pahit.

Anda suka dengan artikel Manfaat Buah Sukun ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Panduan Fitnes Di Rumah Untuk Pemula. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Manfaat Buah Sukun" :