Srikaya termasuk jenis tanaman buah-buahan yang biasa tumbuh di tanah yang kering, berbatu, dan terkena sinar matahari langsung. Buah ini memiliki banyak nama. Di Surabaya, srikaya dikenal dengan ‘menuo’, di Malaysia dikenal dengan ‘serikaya’, di Guatemala dikenal dengan ‘cherimoya’, dan berbagai nama lainnya. Buah srikaya masih satu rumpun dengan buah sirsak.

Sama halnya dengan sirsak, daun dari buah srikaya ini juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.Berikut ini beberapa manfaat daun srikaya untuk kesehatan.

Mengusir Kutu
Di Meksiko, daun srikaya sudah sejak lama digunakan untuk mengusir kutu. Caranya, daun srikaya ditumbuk dan kemudian dibalurkan pada rambut yang berkutu. Cara ini bisa dilakukan setiap hari hingga kutu benar-benar hilang.

Menyadarkan Orang Pingsan
Daun srikaya ternyata juga sangat efektif untuk membantu menyadarkan orang yang pingsan. Masyarakat di India sudah lama menggunakan herbal tradisional ini untuk mengatasi orang pingsan. Cara penggunaannya, tumbuk beberapa lembar daun srikaya. Setelah itu, hirupkan ramuan ini pada orang yang sedang pingsan.

Membantu Melancarkan Pencernaan
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan pencernaan, daun srikaya mungkin bisa menjadi obat tradisional yang tepat untuk Anda. Daun srikaya dapat dibuat menjadi teh dan diseduh. Ramuan ini diketahui dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah flu.

Menyembuhkan Batuk
Daun srikaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk. Caranya, ambil 10 lembar daun srikaya segar. Cuci bersih daun tersebut dan rebus dengan 3 gelas air. Rebus sampai mendidih dan airnya hanya tersisa 1,5 gelas. Minum ramuan ini 3 kali sehari  secara teratur sampai batuk reda.

Mengatasi Cacingan Pada Anak
Untuk menyembuhkan cacingan pada anak-anak, caranya ambil 15 lembar daun srikaya yang masih segar. Cuci daun srikaya tersebut dan rebus dengan 5 gelas air. Rebus sampai hanya tersisa 3 gelas. Tunggu sampai dingin dan saring airnya. Minum air rebusan daun srikaya ini tiga kali sehari dengan takaran satu gelas sekali minum.

Anda suka dengan artikel Manfaat Daun Srikaya ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Manfaat Buah Sukun. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Manfaat Daun Srikaya" :

Ditulis dalam Kategori Manfaat.