Tips mendapatkan dana bantuan pertanian memang sering menjadi bahan pertanyaan dari setiap petani. Seperti yang diketahui, banyak sekali pengusaha-pengusaha besar yang bisa mendapatkan suntikan dana untuk mengembangkan usahanya. Akan tetapi sebaliknya, justru banyak petani yang menemui jalan buntu alias kesulitan untu mendapat dana bantuan pertanian.

Hal itu bisa terjadi lantaran banyak di antara mereka yang belum menguasai benar bagaimana tips mendapatkan dana bantuan pertanian, baik dari bentuk program kredit berbunga, hingga bantuan dari pemerintah langsung.
Kurang suksesnya para petani di Indonesia memang disebabkan karena keterbatasan modal untuk mengembangkan usahanya. Ya, banyak petani yang sudah sering mengeluh tidka memiliki modal yang memadai untuk mengelola sawahnya. Padahal, pemerintah Indonesia setiap tahunnya sudah memberikan anggaran dana untuk menyejahterakan usaha petani.
Alokasi dana yang disediakan tersebut bermanfaat untuk menunjang usaha petani yang masih terbilan kecil supaya bisa berkembang pesat di kemudian hari.
Maka dari itu, untuk menunjang kesejahteraan dari setiap petani, kita harus memahami benar tips-tips mendapatkan dana bantuan pertanian seperti berikut ini :
1.    Susun proposal yang baik
Untuk mendapatkan dana bantuan pertanian, tentu saja kita diwajibkan untuk mengajukan proposal. Maka dari itu, susunlah sebuah proposal yang baik. Apabila Anda masih menemui kesulitan untuk membuatnya, mintalah bantuan kepada pihak-pihak terkait seperti meminta bimbingan dari petugas penyuluh pertanian, dan sebagainya. Akan tetapi pada jaman modern seperti sekarang ini, sudah terdapat format-format baku proposal yang tinggal diisi dengan tepat dan benar oleh setiap petani.
2.    Berkomunikasi dengan PPL
Tips mendapatkan dana bantuan pertanian berikutnya adalah berkomunikasi dengan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan). Ya, jalinlah sebuah komunikasi yang baik dengan mereka yang merupakan ujung tombak dari pengembangan pertanian di desa, baik oleh para petani masing-masing, atau melalui kelompok tani yang sudah dibentuk. Hal tersebut bertujuan supaya proses pemberian bantuan pertanian ini bisa dilakukan dengan mudah, lancar, dan sesuai target yang dibidik.
3.    Membentuk kelompok tani
Bagi Anda para petani kecil di desa, ada baiknya segera membentuk kelompok tani untuk memudahkan mendapat dana bantuan pertanian yang terkoordinasi dengan baik.

Anda suka dengan artikel Tips Mendapatkan Dana Bantuan Pertanian ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Mendapatkan Cinta Sejati. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Mendapatkan Dana Bantuan Pertanian" :