Tips merawat aki motor memang harus kita ketahui untuk menghemat pengeluaran. Meskipun terdapat sebagian orang yang berpendapat jika biaya untuk merawat sebuah barang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan membeli satu barang yang baru, tetap saja kita harus merawat barang tersebut supaya lebih awet dan bisa tahan lama digunakan.

 Terutama di jaman modern seperti sekarang ini, dimana segala harga-harga kebutuhan pokok sedang mengalami kenaikan, kita juga harus meminimalisasikan biaya pengeluaran setiap harinya.
Untuk itu, marilah kita terapkan tips merawat aki motor seperti di bawah ini :
1.    Selalu panaskan mesin sebelum digunakan
Untuk merawat aki, kita harus selalu memanaskan mesin motor sebelum digunakan minimal 5 hingga 10 menit. Selain itu, motor yang jarang digunakan di rumah juga harus dipanaskan mesinnya setiap hari. Jangan lupa untuk melepas terminal negative aki supaya tidak muatannya tidak menghilang.
2.    Rajin memeriksa level aki
Tips merawat aki motor lainnya adalah dengan rajin memeriksa level aki. Jangan sampai level aku berada di bawah low level (level minimal). Sebelum level aki berada pada posisi tersebut, segera tambahkan aki secukupnya. Sekurang-kurangnya periksalah level aki sebulan sekali.
3.    Gunakan aki murni
Cara perawatan aki motor yang tak kalah penting adalah dengan mengisinya menggunakan air aki murni. Selain itu, jangan sampai menambahkan air hingga melebihi upper level, lantaran dikhawatirkan aki bakal menguap dan merusak komponen kendaraan lainnya.
4.    Rutin bersihkan terminal aki
Perlu Anda ketahui, terminal aku juga bisa kotor dari waktu ke waktu. Maka dari itu, Anda harus rutin membersihkan terminal aki menggunakan cutter, obeng, amplas halus, ataupun sikat kawat. Dengan catatan, Anda harus berhati-hati dan jangan sampai merusak logam yang terdapat pada terminalnya. Tips ini memang sangat penting, sebab jika terminal aki dibiarkan kotor begitu saja, maka dapat menyebabkan pasokan listrik berkurang karena tidak dapat mengalir sempurna dan lama-lama mengakibatkan perusakan terminal. Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengencangkan terminal aki yang kendor untuk menghindari percikan api yang bisa saja ditimbulkan.

Anda suka dengan artikel Tips Merawat Aki Motor ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Mendapatkan Pinjaman Dari Bank. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Merawat Aki Motor" :

Ditulis dalam Kategori Blog. bahasa-bahasa ilmiah dan artinya,