Apakah Anda merupakan salah satu orang yang menyukai kucing? Terlebih lagi kucing Persia yang memiliki bulu indah sering menjadi hewan favorit yang ingin dipelihara banyak orang.

Akan tetapi, memelihara kucing Persia tidak semudah seperti yang dibayangkan dan Anda tidak bisa menganggap remeh cara perawatannya. Ya, meskipun ideal dijadikan sebagai hewan peliharaan karena perawakannya yang lucu, imut, dan menggemaskan, tetapi Anda juga harus memberikan perhatian yang ekstra supaya kucing Persia tersebut tetap memiliki bulu yang indah dan sehat.

Jika berbicara mengenai cara perawatan, sudah pasti banyak di antara kita yang langsung mengarah pada biaya yang mahal. Akan tetapi, mengenai hal itu Anda jangan langsung merasa khawatir, sebab kita masih bisa melakukan sejumlah perawatan yang ternyata tidak perlu mengeluarkan banyak biaya khusus.

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips merawat anak kucing Persia yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah :

1.    Menyisir bulunya setiap hari
Ya, karena kucing Persia memiliki bulu yang panjang, sehingga sudah merupakan kewajiban bagi Anda untuk menyisir bulunya tersebut setiap hari. Ini adalah cara perawatan dasar yang harus dilakukan secara rutin mengingat kucing Persia tidak mempunyai kemampuan untuk menyisir bulu mereka sendiri bukan? Gunakanlah sisir yang terbuat dari logam untuk merapikan rambutnya yang kusut sehingga tetap terlihat rapi.

2.    Mandikan jika sudah berumur satu bulan
Apabila kucing Persia yang Anda pelihara sudah berumur satu bulan, maka Anda sudah bisa memandikannya. Tentu saja Anda harus esktra berhati-hati untuk memandikannya, dengan mempertimbangkan cuaca. Sebaiknya Anda memandikan kucing Persia pada pukul 10.00 pagi agar hawanya tidak terlalu dingin. Mandikan kucing Persia dengan menggunakan air hangat. Guyur sedikit demi sedikit air ke tubuhnya, jangan lupa untuk menggunakan sampo khusus yang lembut untuk anak kucing. Jangan sampai air masuk ke mata dan lubang telinganya. Setelah itu keringkan kulit dan bulunya dengan diangin-anginkan.

3.    Rapikan bulunya
Meskipun pada umumnya kucing Persia memiliki tubuh yang mungil, tetapi tetap saja mereka mempunyai bulu yang lebat dan mudah tumbuh panjang. Maka dari itu, untuk tetap terlihat indah dan cantik, Anda harus rajin merapikan bulunya. Apabila terdapat bulu panjang yang tumbuh dengan kurang rapi, segeralah mengguntingnya. Khususnya yang terdapat di bagian telinga dan di sekitar telapak kaki. Ketika menggunting, Anda harus berhati-hati supaya tidak sampai melukai bagian tubuhnya.

Anda suka dengan artikel Tips Merawat Anak Kucing Persia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Merawat Anggrek. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Merawat Anak Kucing Persia" :