Siapa di antara kita yang tidak menyukai anggrek? Ya, bunga yang berparas indah ini tentu saja mudah menarik perhatian dari banyak orang. Bunga yang cantik dengan dipenuhi warna-warni jelas saja memikat setiap hati yang melihatnya sehingga banyak orang, khususnya kaum perempuan yang jatuh cinta terhadapnya.

Maka dari itu, mereka segera menanam bunga anggrek di taman ataupun halaman rumahnya sebagai penghias. Untuk melakukan perawatan bunga anggrek memang tidak dinilai terlalu sulit.

Akan tetapi, hanya membutuhkan niat, kesabaran, serta keseriusan saja dalam melakukannya sehingga dapat membuat bunga ini tetap memancarkan aura keindahan serta harum semerbak yang diudarakannya. Sebab seperti yang diketahui, sejak dahulu kala bunga anggrek sudah disebut-sebut sebagai bunga yang misterius dan juga eksotis.

Terdapat berbagai jenis bunga anggrek yang bisa Anda gunakan sebagai hiasan di rumah, mulai dari jewel orchids (anggrek permata), oncidium, phalaenopsis, dan paphiopedlum.

Untuk merawat anggrek, terdapat beberapa faktor yang terpenting, yaitu pemberian pupuk, pancaran cahaya, dan air. Berikut di bawah ini adalah tips-tips merawat anggrek yang bisa diterapkan :

1.    Beri air secukupnya
Tips merawat anggrek yang pertama adalah dengan memberi air secukupnya. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dengan memberikan air terlalu banyak sehingga mengakibatkan tanaman anggrek Anda mati. Perlu Anda ketahui, anggrek tidak termasuk salah satu jenis bunga yang memerlukan banyak air. Anda cukup memberi sedikit air ketika tanahnya terlalu kering.

2.    Pastikan kebutuhan cahayanya terpenuhi
Cara perawatan yang kedua adalah dengan memastikan jika kebutuhan cahayanya terpenuhi. Berilah ruang masuk cahaya yang cukup sehingga tanaman anggrek ini bisa cepat berbunga dan menunjukkan keeksotisannya.

3.    Beri pupuk seminggu sekali
Tips merawat anggrek berikutnya adalah dengan memberi pupuk seminggu sekali usai disiram dengan air. Jangan lupa untuk mengencerkan pupuk dengan air hingga larut dan merata. Sementara itu perlu diingat juga, setiap bulannya Anda harus menghilangkan pupuk yang terdapat di dalam pot supaya tidak terjadi penumpukan garam.

Secara garis besar, ketiga tips merawat anggrek di atas bisa mencapai hasil yang optimal jika Anda merawat tanaman anggrek tersebut dengan perasaan yang tulus, kesabaran tinggi, dan tekad yang bulat.

Anda suka dengan artikel Tips Merawat Anggrek ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Merawat Aki Motor. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Merawat Anggrek" :