Tips merawat arwana harus diketahui dengan baik dan benar supaya ikan yang kita pelihara tersebut bisa berumur panjang dan selalu dalam keadaan sehat. Sepeti yang diketahui, arwana merupakan salah satu jenis ikan yang terlihat gagah, anggun, dan juga dinilai hoki.

Hingga sekarang ini ini terdapat banyak jenis-jenis ikan arwana, seperti ikan arwana super red yang notabene berasal dari sejumlah tempat di Provinsi Kalimantan Barat. Pada umumnya, ikan arwana super red memiliki habitat asli di Sungai Kapuas ataupun Danau Sentarum.
Dengan demikian, untuk merawatnya kita perlu memperhatikan banyak hal, tentu saja dengan mempertahankan kenyaman dan keamanannya untuk tinggal di dalam akuarium. Sebagai peternaknya, kita harus membuat replika yang hampir menyerupai habitat aslinya yang hidup di alam bebas. Di antaranya adalah dengan menata bagian interior akuarium. Berikut di bawah ini adalah tips merawat arwana yang bisa kita terapkan :
1.    Perhatikan kebersihan akuarium
Untuk menghindarkan arwana dari kemungkinan stress, sebaiknya kita harus memperhatikan kebersihan air di dalam kolam. Maka dari itu, kita harus rutin membersihkan akuarium, mulai dari media filter, selang aerasi, heater, dan lain-lain. Keluarkan kotoran ikan dari akuarium dan bersihkan sisa makanan ikan yang masih ada. Satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah ketika memasukkan air tambahan ke dalam akuarium harus sedikit demi sedikit secara perlahan. Jangan langsung masukkan air secara keseluruhan sehingga terlalu deras yang dapat mengakibatkan ikan menjadi stress.
2.    Pastikan pakan yang diberikan sehat
Pemberian pakan merupakan tips merawat arwana yang paling penting diperhatikan karena rentan mempengaruhi kondisi kesehatan ikan sendiri. Pastikan Anda memberi pakan yang sehat kepada arwana. Jika ingin memberi makanan hidup seperti jangkrik, ikan kecil, kelabang, ulat jerman, ataupun udang kita harus membersihkannya terlebih dulu untuk menghindari terjangkit beberapa bibit penyakit berbahaya. Sebagai saran, pemberian pakan untuk ikan arwana sebaiknya bisa dikombinasikan setiap harinya agar membuatnya selalu nafsu makan.
3.    Beri multivitamin
Jika ikan irwana yang Anda pelihara menunjukkan ciri-ciri sering berdiam diri (kurang aktif bergerak), ekor mengalami kerusakan, warnanya pudar, dan sering menggosokkan badannya ke dinding akuarium, dapat dipastikan jika kondisi fisik ikan sedang tidak baik. Untuk itu, berikan multivitamin agar dapat mencegah hal-hal yang tidak menyenangkan.

Anda suka dengan artikel Tips Merawat Arwana ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Merawat Anak Kucing Persia. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Merawat Arwana" :

Ditulis dalam Kategori Blog.