Tips merawat bunga mawar memang perlu diketahui, khususnya jika Anda menanam sendiri di rumah. Seperti yang diketahui, bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang berparas cantik dan menjadi favorit dari banyak wanita. Bunga mawar menunjukkan symbol cinta rasa sayang seorang laki-laki kepada wanita idamannya. Bunga mawar juga memiliki aneka warna yang cantik sehingga membuatnya dijuluki sebagai Queen of Flower.

Apabila Anda ingin menanamnya sendiri untuk dijadikan sebagai penghias rumah, tentu saja Anda harus mengetahui apa saja tips merawat bunga mawar agar senantiasa berbunga indah dan tidak cepat layu atau mati. Berikut adalah beberapa tips merawat bunga mawar :

1.    Gunakan pot lebih besar
Sebaiknya Anda menanam bunga mawar di dalam pot yang berukuran lebih besar sehingga mampu menunjang proses pertumbuhannya. Akan tetapi jika Anda ingin menanamnya pada pot gantung yang berukuran relative kecil, maka Anda diharuskan untuk lebih sering menyiram serta memberinya pupuk.

2.    Rajin menyiramnya setiap hari
Tanaman bunga mawar memang menuntut kita untuk menyiramnya setiap hari. Di pagi hari, kita harus menyiramkan air untuk membasahi tanahnya saja, tidak sampai menembus ke bagian yang paling bawah. Sementara jika kita menyiramnya di sore hari, kita hanya perlu menyiram bagian daunnya saja.

3.    Potong dahan yang kering
Tips merawat bunga mawar selanjutnya adalah dengan memotong dahannya yang kering. Selain itu, kita juga harus rajin memangkas tangkai tanaman yang sudah layu. Hal ini bermaksud agar bunga mawar bisa mendapat banyak oksigen sesuai dengan kebutuhannya untuk bertumbuh.

4.    Beri pupuk
Kita bisa memberi pupuk khusus ataupun pupuk organic untuk bunga cantik yang satu ini. Hal penting yang harus diperhatikan adalah pastikan tanah di bagian batangnya sudah gembur dan jangan lupa untuk mencabut semua tanaman liar yang tumbuh di sekitarnya supaya tidak menghambat proses pertumbuhan.

5.    Beri obat pemberantas hama
Apabila terdapat hama yang beresiko merusak bunga mawar, segera berikan obat pemberantas hama. Terdapat beberapa jenis obat yang biasa ampuh untuk mengatasi hama dan penyakit yang membandel pada tanaman diantaranya adalah Bouillie Bordelaise atau Bordeaux Mixture.

Anda suka dengan artikel Tips Merawat Bunga Mawar ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Merawat Cat Mobil Dan Motor. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tips Merawat Bunga Mawar" :

Ditulis dalam Kategori Cara-Cara.