Penyakit anemia atau yang juga dikenal sebagai kekurangan darah adalah satu keadaan di mana jumlah sel darah merah (hemogoblin) tengah berada di bawah normal. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin memungkinkan mereka untuk membawa oksigen dari paru-paru menuju ke seluruh bagian tubuh. Apabila sel darah merah berkurang, jelas saja sistem jaringan yang terdapat di dalam tubuh juga akan mengalami kekurangan oksigen yang menyebabkan gangguan pada saat ingin menciptakan energy.

Anemia juga bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh lainnya, mulai dari otak, jantung, dan sebagainya. Bahkan, anemia juga bisa menyebabkan kematian bagi sebagian orang. Maka dari itu, ada baiknya kita mengetahui apa saja ciri-ciri penyakit anemia sehingga bisa segera ditangani oleh tim-tim medis yang berpengalaman di bidangnya.

Berikut adalah ciri-ciri penyakit anemia yang wajib dikenali :

1.    Mudah lelah
Jika jumlah sel darah merah di dalam tubuh Anda berkurang, jelas saja tubuh tidak dapat menghasilkan energy seperti biasanya. Maka dari itu, penderita anemia akan mudah mengalami kelelahan. Bahkan, Anda bisa terus merasakan rasa lelah yang teramat dalam hingga satu bulan lebih dengan rasa tidak kuat untuk berdiri dan berjalan.

2.    Terlihat pucat dan menguning
Kulit yang terlihat pucat dan menguning juga wajib Anda waspadai sebagai salah satu ciri penyakit anemia. Selain itu, kelopak mata juga akan mengalami kepucatan serupa, sedangkan bagian mata akan terlihat menjadi lebih cekung.

3.    Terus menerus sakit kepala
Para penderita penyakit anemia juga sering mengalami sakit kepala yang mendekap secara terus-menerus. Hal ini disebabkan otak tidak mendapatkan oksigen sesuai kebutuhannya akibat kekurangan sel darah merah.

4.    Terasa ngilu di mulut
Anemia juga bisa menyebabkan rasa ngilu di bagian mulut. Maka dari itu, untuk bisa mencegahnya kita harus memperbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam.

5.    Sering sesak napas
Ciri-ciri penyakit anemia yang mudah dikenali adalah kesulitan untuk bernapas. Ya, sesak napas mudah sekali dialami oleh seorang penderita anemia ketika sedang menjalani berbagai kegiatannya sehari-hari. Untuk mencegahnya, disarankan untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi seperti kuning telur, sayuran hijau, buah-buahan, daging merah, dan sereal.

Anda suka dengan artikel Ciri-Ciri Penyakit Anemia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Bersetubuh Menurut Islam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Ciri-Ciri Penyakit Anemia" :

Ditulis dalam Kategori Uncategorized.