Alam dibedakan atas alam yang tampak atau terlihat oleh mata dengan alam ghaib seperti halnya  Allah, malaikat, jin, surga dan neraka. Menurut bahasa, ghaib merupakan keadaan dimana sesuatu tidak terlihat atau tidak tampak.

“Dialah Allah yang tidak ada ilah kecuali Dia , yang mengetahui yang ghaib dan yang tampak.” (Al-Hasyr ayat 22)
Dari ayat tersebut tentu kita dapat menyimpulkan bahwa hanya Allah-lah yang mengetahui kedua alam tersebut. Dalam ajaran agama Islam kita diharuskan beriman ada yang ghaib, namun tentu saja pengertian beriman kepada yang ghaib disini adalah dengan cara yang benar yaitu seperti yang diajarkan Allah dan Rasul-Nya.

Penciptaan alam ghaib sendiri dimaksudkan sebagai ujian bagi manusia selama hidup di dunia. Manusia akan diuji apakah dia beriman pada saat di dunia dia beriman pada Allah atau tidak, jika iya, itu artinya dia juga beriman pada yang ghaib seperti halnya hari akhir, surga dan neraka. Itu artinya saat di dunia, dia berusaha untuk mengumpulkan banyak pahala, agar bisa hidup bahagia di akhirat kelak.

Berikut ini beberapa makhluk ghaib yang sering kita dengar:

1.    Malaikat
Bisa dikatakan bahwa malaikat merupakan tentara Allah yang memiliki tugas-tuga tertentu. Tentu kita masih ingat dengan kesepuluh malaikat yang memiliki tugas macam-macam mulai dari menyampaikan wahyu Allah, mengatur rezeki atau mendatangkan hujan, mencatat amal baik dan buruk manusia hingga malaikat penjaga neraka dan surga.
Menurut Al-Qur’an, malaikat memiliki sifat-sifat mulia, yaitu suka berkumpul di majelis dzikir, memiliki sayap, tidak makan dan minum, tidak menikah, menyukai  tempat yang bersih dan tidak pernah berbuat maksiat.

2.    Jin
Sama halnya dengan manusia, Jin juga bisa meninggal kecuali Iblis yang  ditangguhkan kematiannya hingga hari akhir. Jin sendiri ada yang disebut dengan sebutan jin kafir dan jin muslim. Berbeda halnya dengan malaikat, jin dan syaitan butuh makan dan minum serta menikah. Hanya saja mereka tinggal di alam yang tidak terlihat oleh manusia. Namun mereka bisa melihat manusia dan bisa mengganggunya.

Anda suka dengan artikel Alam Gaib Menurut Islam ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Hukum Zina Menurut Islam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Alam Gaib Menurut Islam" :

Ditulis dalam Kategori Blog. Alam ghaib menurut islam,