Mimpi memang selalu menjadi misteri yang menarik untuk diketahui secara lebih dalam. Mimpi juga menjadi objek penelitian yang tak pernah henti untuk dicari tahu makna yang terkandung didalamnya. Secara fisiologis mimpi merupakan respon pada proses kerja syaraf saat kita sedang tidur.

Secara psikologis, mimpi adalah cerminan alam bawah sadar kita dan secara spiritual dapat diyakini sebagai pesan dari Tuhan atau prediksi masa yang akan datang.

Dalam Islam, jika seseorang mengalami mimpi buruk saat tidurnya, maka disunnahkan untuk mengubah posisi tidurnya, meludah ke sebelah kiri sebanyak tiga kali, meminta perlindungan kepada Allah agar dijauhkan dari godaan syetan yang terkutuk, bangun dan melakukan sholat , serta tidak diperbolehkan untuk menceritakan mimpi tersebut pada siapa pun.

Dalam Islam, dalam menentukan tafsir mimpi ada beberapa hal yang perlu kita garisbawahi yaitu kebenaran sebuah mimpi bisa mendekati kebenaran jika yang berimpi adalah orang yang saleh dan bisa dipercaya. Kemudian yang harus diperhatikan adalah bahwa jika ada yang bermimpi buruk, itu berasal dari setan. Mimpi buruk merupakan suatu cara yang dilakukan setan untuk membuat manusia resah, gelisah dan bingung sehingga manusia tersebut dapat dengan mudah digoda oelh bujuk rayu setan. Ingatlah bahwa Allah SWT hanya akan memberikan mimpi yang baik. Usahakan untuk tidak mempercayai mimpi buruk yang Anda alami saat tidur.

Islam juga melihat mimpi sebagai bunga tidur jika memang mimpi tersebut tak memiliki makna apa-apa. Tentu seringkali kita bermimpi namun tidak tahu mimpi apa. Menurut Islam, mimpi seperti itu bisa terjadi karena disebabkan oleh keadaan kejiwaan atau pikiran seseorang sehingga terbawa sampai tidur.

Beberapa tafsir mimpi menurut Islam yang dapat Anda percayai adalah ketika Anda bermimmpi dengan orang yang disenangi, sebaiknya Anda bangun dan melakukan sholat istikharah. Jika Anda bermimpi bertemu dengan orang yang sama atau bermimpi uatu hal yang sama hingga berkali-kali itu artinya ada kemantapan hati. Melalui mimpi tersebut Allah menunjukkan pilihan yang tepat untuk Anda.

Anda suka dengan artikel Tafsir Mimpi Menurut Islam ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Emansipasi Wanita Menurut Islam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tafsir Mimpi Menurut Islam" :

Ditulis dalam Kategori Hukum Islam.