Cacar atau cacar air merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang bernama virus varicella zoster. Virus ini mengakibatkan munculnya ruam pada kulit yang berupa kumpulan bintik-bintik kecil yang menonjol, melepuh dan menimbulkan rasa gatal.

 Penyakit cacar adalah penyakit yang menular yang bisa ditularkan secara langsung dari si penderita terhadap orang lain. Pada orang yang pernah mengalami penyakit ini, maka tubuhnya akan membentuk antibody terhadap virus penyebab cacar ini sehingga orang tersebut tidak akan terserang caca lagi dimasa yang akan datang.
Penyakit ini bisa ditularkan melalu percikan ludah maupun cairan lainnya yang berasal dai lepuhan kulit si penderita cacar. Seseorang yang terkena kontaminasi virus tersebut akan sukses menyebarkan penyakit cacar kepada orang lain disekitarnya.
Ciri-ciri penyakit cacar biasanya ditandai:
-    Sakit kepala, demam dan rasa tak enak badan setelah 10 sampai 21 hari terkena infeksi virus cacar.
-   Dua sampai tiga hari kemudian setelahnya akan muncul bintik-bintik merah datar (macula) kemudian akan menonjol (papula) dan akan muncul cairan didalamnya seperti melepuh yang disertai dengan rasa gatal (vesikel). Proses ini akan berulang selama empat hari.
-    Pada hari kelima biasanya tidak akan ada kemunculan lepuhan baru di kulit.
-    Pada hari ke enam, semua lepuhan yang muncul akan mengering dengan sendirinya dan hilang setelah 20 hari kemudian.
Umumnya jika anak kecil mengalami penyakit ini, mereka tidak akan mengalami kesulitan untuk bisa sembuh. Berbeda halnya dengan orang dewasa apalagi jika memang sistem kekebalan tubuhnya sangat lemah, maka penyakit ini bisa berakibat buruk bahkan fatal akibatnya.
Untuk menghindari komplikasi serangan penyakit cacar, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini:
o    Sering mengganti pakaian yang kotor,
o    Memakai pakaian yang sudah dicuci bersih dan kering secara sempurna sehingga akan sangat nyaman ketika dipakai,
o    Memotong kuku kaki dan tangan secara rutin,
o    Sering mandi dan mencuci kebersihan tangan, kaki dan tubuh dengan sabun anti kuman, dan
o    Menjaga kebersihan lingkungan.

Anda suka dengan artikel Ciri-Ciri Penyakit Cacar ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Ciri-Ciri Penyakit Chikungunya. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Ciri-Ciri Penyakit Cacar" :

Ditulis dalam Kategori Blog.