Penyakit hepatitis B merupakan salah satu penyakit menular. Masih banyak orang yang belum mengetahui sepenuhnya mengenai penyakit ini. Sehingga tak jarang saat seseorang melakukan pemeriksaan diri, penyakit ini sudah menjadi sangat kronis dan sulit untuk disembuhkan. Untuk itu diharapkan kita bisa mengenali ciri-ciri penyakit hepatitis B lebih awal sehingga penyakit ini bisa dengan mudah diatasi.
Penyakit hepatitis B ini merupakan penyakit yang merusak fungsi hati dalam tubuh. Hati sendiri merupakan orag tubuh paling penting dalam tubuh manusia. Organ ini memliki fungsi utama yaitu menyaring racun dalam darah. Jika organ hati kita terkena penyakit hepatitis B, maka hati tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik, sehingga darah akan mengandung racun yang bisa  membahayakan tubuh. Racun dalam darah tersebut akan menyebar keseluruh tubuh dan mengganggu kinerja organ tubuh lainnya.
Penyakit hepatitis B ditularkan oleh virus hepatitis B yang juga bisa ditularkan oleh penderita lain. Dalam perkembangannya penyakit ini bisa menular dengan sangat mudah yaitu dari berbagai cara:
-    Menggunakan alat kesehatan secara bersamaan.
-    Melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan.
-    Melalui transfusi darah.
-    Penularan hepatitis B dari sang ibu terhadap anaknya ketika masih dalam kandungan.
-    Penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan bersamaan dengan orang lain.
Ciri-ciri penyakit hepatitis B hampir sama dengan ciri-ciri penyakit lain, sehingga terkadang kita kesulitan untuk dapat mengenalinya. Tak hanya orang lain yang tidak terkena penyakit ini, bahkan seseorang yang terkena penyakit ini bahkan tidak sadar jika dirinya sudah tertular penyakit ini. Berikut ini beberapa tanda-tandanya:
-    Sering atau mudah lelah
-    Kehilangan nafsu makan
-    Mengalami demam ringan
-    Muncul rasa nyeri pada otot dan persendian
-    Sakit perut
-    Mual dan muntah
Ciri-ciri diatas merupaka gejala umum yang paling sering terjadi atau paling sering ditemui pada kebanyakan penderita penyakit hepatitis. Secara lebih lanjut ciri-ciri penyakit ini bisa kita lihar dari perubahan warna urin yang berubah menjadi lebih gelap, warna kotoran menjadi lebih terang, timbul rasa gatal pada tubuh, pingsan atau koma, terjadi pendarahan pada organ dalam tubuh atau muncul penyakit kuning.

Anda suka dengan artikel Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis B ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Ciri-Ciri Penyakit Empedu. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis B" :

Ditulis dalam Kategori Blog.