Kutipan merupakan pendapat, ide, atau gagasan yang berasal dari sumber-sumber seperti buku, internet, kamus, majalah, dan lain sebagainya.
Nah, bagaimana cara menulis kutipan dari internet? Jangan terkecoh antara menulis kutipan dengan daftar pustaka dan catatan kaki. Menulis kutipan adalah menuliskan kalimat yang dikutip, sedangkan daftar pustaka dan catatan kaki adalah menuliskan sumber dari kutipan tersebut.


Cara Menulis Kutipan dari Internet
Tidak ada aturan baku mengenai hal ini, tetapi berikut ini adalah cara yang bisa anda pakai.
1. Secara langsung
Cara pertama ini adalah menulis kutipan dari internet secara langsung dari sumber aslinya, tidak ada kata atau kalimat yang diubah. Anda bisa memberikan tanda kutip untuk mengawali dan mengakhiri kutipan anda, tergantung konteks kalimat yang anda gunakan.
Contoh kutipan langsung:
-    “Ketika kita mendengarkan lagu, bagian otak yang disebut auditory cortex (korteks pendengaran) akan secara otomatis terisi dengan lagu tersebut. Dengan kata lain, otak akan terus menyanyi hingga lagu tersebut hilang dengan sendirinya.” (Liya Shady, 2012, from http://liyashady.blogspot.com/2012/11/mengapa-kita-suka-tiba-tiba-bersenandung/, 31 Agustus 2013).

-    Menurut Liya Shady dalam blognya di http://liyashady.blogspot.com/2012/11/mengapa-kita-suka-tiba-tiba-bersenandung/, ketika kita mendengarkan lagu, bagian otak yang disebut auditory cortex (korteks pendengaran) akan secara otomatis terisi dengan lagu tersebut. Dengan kata lain, otak akan terus menyanyi hingga lagu tersebut hilang dengan sendirinya.
2. Secara tidak langsung
Cara kedua dalam cara menuliskan kutipan dari internet adalah menuliskan kutipan dengan cara meringkas keseluruhan kalimat dari sumber asli tanpa menghilangkan gagasan atau ide aslinya.
Contoh kutipan tidak langsung:
-    Seperti yang diutarakan oleh Liya Shady di blognya (http://liyashady.blogspot.com/2012/11/mengapa-kita-suka-tiba-tiba-bersenandung/), bagian otak yang disebut auditory cortex secara otomatis terisi oleh lagu yang sedang kita dengarkan, kemudian otak pun menyanyikan lagu itu hingga hilang dengan sendirinya.
-    Otak akan terus menyanyikan lagu yang sedang kita dengar, karena korteks pendengaran pada otak secara otomatis akan terisi lagu tersebut. (Liya Shady, 2012, http://liyashady.blogspot.com/2012/11/mengapa-kita-suka-tiba-tiba-bersenandung/).
Sedangkan data lengkap mengenai sumber kutipan bisa ditulis pada bagian daftar pustaka, dan juga catatan kaki. Demikian cara menulis kutipan dari Internet, semoga bisa memberikan pengetahuan baru bagi anda.

Anda suka dengan artikel Cara Menulis Kutipan Dari Internet ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Menulis Catatan Kaki. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Menulis Kutipan Dari Internet" :