Dengan mengetahui trik cara menulis resensi, anda akan menghasilkan sebuah resensi yang apik, menunjukkan kemahiran anda dalam menganalisa sesuatu yang komplit menjadi uraian yang singkat, jelas, dan ‘mengena’.
Banyak yang mengatakan bahwa tidak setiap orang mampu menghasilkan resensi yang apik sekaligus menarik untuk dibaca. Mungkin benar, bila tidak mengetahui triknya.

Trik Cara Membuat Resensi Buku
Ada banyak sumber media yang bisa anda buatkan resensi; film, buku, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah cara membuat resensi buku.

1. Pilih-pilih genre
Pilih salah satu genre buku yang menjadi favorit anda sehingga anda akan lebih tertarik untuk memahaminya sehingga anda akan menjadi seorang master. Membuat resensi sebuah buku dengan genre yang tidak anda kuasai, tentu saja boleh, tetapi pasti akan memakan waktu yang lebih lama karena anda akan terlalu sibuk mencari informasi tambahan untuk menjelaskan maksud dari isi buku tersebut.

2. Siapkan catatan
Bawalah catatan ketika anda sedang membaca atau mempelajari buku yang akan anda buatkan resensinya. Inspirasi kadang datang disaat yang tak terduga. Ketika tiba-tiba anda menganggap ada hal yang penting untuk anda masukkan dalam resensi, segera catat, sebelumnya ide tersebut hilang siring anda melanjutkan kembali bacaan anda.

3. Analisa kekurangan dan kelebihan buku
Pembaca harus tahu, apa kelemahan dan kelebihan yang dimiliki buku tersebut. Paparkan analisa ini dengan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele, dan pastikan didasarkan pada pengetahuan umum dan juga fakta-fakta terkait.

4. Kutipan
Gunakan kutipan dari sumber/tokoh/kritikus yang berpengaruh. Namun sebaiknya hindari kesan meniru pendapat atau menyamakan pendapat dengan sumber tersebut. Selipkan pendapat pribadi anda ke dalamnya secara terselubung.

5. Pendahuluan yang menarik
Anda bisa menuliskan sebuah cerita/berita yang terkait dengan isi resensi buku anda. Buatlah semenarik mungkin agar pembaca menjadi penasaran.

6. Ringkasan isi buku
Tuliskan ringkasan isi buku secara singkat agar pembaca mengerti pokok utama resensi buku anda. Analisa lagi fungsi ditulisnya buku tersebut, apakah informasi dalam buku berguna bagi umum, dan apakah anda merekomendasikan buku itu untuk dibaca? Bila tidak, uraikan pendapat-pendapat kritis yang menunjang alasan anda untuk tidak merekomendasikan buku itu untuk dibaca.

7. Kesimpulan
Mengacu pada pendahuluan yang anda buat, kesimpulan harus memberikan jawaban atas pertanyaan serta pernyataan yang anda paparkan sebelumnya.
Cara membuat resensi di atas tentu sangatlah mudah. Satu tips penting lainnya adalah hindari penggunaan opini pribadi dan penggunaan kata ganti milik ‘saya’ atau ‘aku’ dalam resensi anda.

Anda suka dengan artikel Cara Menulis Resensi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Gedung Tertinggi Di Dunia. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Menulis Resensi" :

Ditulis dalam Kategori Blog.