Cara memelihara kambing yang benar sangat anda butuhkan bila anda ingin beternak kambing untuk keperluan bisnis. Memang, anda akan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk merawat kambing-kambing anda. Tetapi hasil yang akan anda dapatkan akan memuaskan dan pastinya mendatangkan keuntungan.
Tips Cara Memelihara Kambing

1. Siapkan kandang
Buatlah kandang yang nyaman bagi kambing-kambing anda. Sesuaikan kondisi kandang dengan karakter kambing anda. Untuk menghindari kambing mendaki kandang dan keluar, sebaiknya bangunlah kandang dengan tinggi minimal setengah meter dari tanah. Dan pastikan luas kandang nyaman bagi ternak anda, terutama bila kambing anda termasuk kambing yang agresif dan tidak bisa diam.
Pastikan juga kandang kambing kuat, melindungi kambing dari angin dan sinar matahari. Dan sebaiknya gunakan bambu sebagai bahan lantai kandang dengan jarak sekitar 1 hingga 1,5 cm dari tanah, karena air kencing ataupun kotoran akan langsung keluar.
Dan untuk bagian atap (kandang tunggal), usahakan atap menutupi rak makan kambing agar tidak kena air hujan.

2. Pakan
Anda bisa memberikan pakan kambing anda dengan padi-padian (seperti rumput benta, rumput benggala, rumput kelonjono, dan lain sebagainya), kacang-kacangan (bunga turi, ranting, petai cina, kacang tanah, krotalaria, kacang kedelai), daun pohon kelapa, daun nangka, kembang telang, daun waru, daun pisang.
Perhatikan, berikan makanan konsentrat tambahan bagi kambing betina yang menyusui, seperti bungkil kelapa, dedak, atau bubur nasi. Dan umumnya, kambing dewasa butuh sekitar 6 kg daun-daunan setiap hari. Untuk daun-daunan, berikan pakan ternak anda dengan dedaunan layu, karena yang segar bisa menyebabkan diare ataupun sulit buang air besar.

3. Kebersihan kuku
Kambing yang sering digembalakan akan mengalami risiko terkena penyakit melalui kuman yang masuk melalui kuku. Untuk itu, perhatikanlah kebersihan kuku kambing-kambing anda.

4. Tanda pengenal ternak
Bila anda memelihara kambing dengan jumlah yang banyak, gunakan tanda pengenal ternak seperti kalung atau nomor pada badannya. Ini akan memudahkan anda untuk menghitung dan menemukan ternak anda ketika terpisah dari kelompoknya.

Anda suka dengan artikel Cara Memelihara Kambing ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Menulis Kutipan Dari Internet. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Memelihara Kambing" :

Ditulis dalam Kategori Blog.