Maraknya bisnis jual beli tokek untuk berbagai keperluan medis menciptakan peluang usaha yang menjanjikan untung besar. Bagaimana tidak, satu ekor tokek berbobot 250 hingga 300 gram dibeli dengan harga mencapai Rp 30 juta. Benar-benar bisnis yang fantastis.

Namun hal ini tentunya membutuhkan cara memelihara tokek yang benar. Bila tidak, tokek yang anda kembangbiakkan bisa sakit, mudah stres, cepat mati, dan justru akan membuat anda rugi.
Sebelum anda mengetahui cara memelihara tokek, anda harus tahu bagaimana cara menangkap tokek. Hati-hati, karena konon tokek termasuk salah satu hewan yang sulit melepaskan gigitannya meski anda mengibaskannya dengan kuat.
Cara Menangkap Tokek :
Ada beberapa cara menangkap tokek yang bisa anda praktikkan.
-    Menggunakan asap tembakau. Cara ini cukup efektif namun sedikit berisiko, seperti kematian pada tokek;
-    Buatlah perangkap dengan menggunakan tali yang kokoh namun tidak terlalu kencang;
-   Bila anda ingin menangkapnya menggunakan tangan kosong, fasilitasi tangan anda dengan sarung tangan yang tebal.
Cara Memelihara Tokek :
Sangat penting untuk menjaga agar tokek tidak stres. Kebanyakan tokek akan menjadi stres setelah dimasukkan ke dalam kandang dan bisa saja mogok makan. Ini bisa merugikan, karena bobotnya pasti akan turun.

1.    Usahakan untuk memberi makan tokek secara rutin dan jangan sampai terlambat. Untuk waktu makan, tokek hanya perlu diberi makan satu kali sehari.
2.    Hindari memberikan konsumsi air yang berlebihan, atau tokek-tokek anda akan diare.
3.    Berikan pencahayaan yang cukup pada kandang tokek. Serta jauhkan dari keramaian.
4.    Biasakan memberi makan tokek anda sendiri. Bila anda membutuhkan orang lain untuk memberi makan, maka jangan sering berganti orang. Karena umumya tokek takut pada kehadiran orang yang tidak dikenal.
5.   Makanan favorit tokek adalah jangkrik dan serangga kecil lainnya. Berilah makanan ini pada tokek-tokek anda.
6.    Untuk pertumbuhan tokek agar cepat besar, anda bisa memberikan telur.

Demikian cara memelihara tokek. Dengan penanganan yang tepat, anda akan mengembangbiakkan tokek-tokek yang sehat, dan tentu saja, bisnis anda semakin lancar.

Anda suka dengan artikel Cara Memelihara Tokek ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Permainan Memelihara Hewan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Memelihara Tokek" :

Ditulis dalam Kategori Blog.