Sumber protein hewani yang kerap terlupakan adalah belut. Kini, anda tidak harus mencari belut di sawah, karena sudah banyak budidaya belut. Anda pun bisa membudidayakan belut sendiri. Nah, bila anda tertarik, coba pelajari cara memelihara belut berikut ini.

Cara Memelihara Belut :

1. Temukan lokasi yang tepat
Seperti padi yang dapat tumbuhdi area apa saja, belutpun bisa dipelihara di mana saja. Namun perhatikan, suhu air yang paling baik untuk tempat tinggal belut, terutama bibit (anak belut) adalah 25 hingga 31 derajat celcius, dan kualitas air yang bebas limbah ataupun pestisida.

2. Siapkan peralatan anda!
Siapkan  wadah yang kedap air, bisa apa saja, asalkan kedalamannya mencapai minimal 60 cm. Setelah itu, siapkan alat-alat di bawah ini:
-    Lumpur/tanah sawah;
-    Pelepah pohon pisang;
-    Pupuk kandang dan jerami;
-    Air sawah/sungai. Hindari menggunakan air keran karena mengandung kaporit;
-    Bambu serta peralatan kerja lain termasuk cangkul.

3. Ciptakan tempat tinggal bagi belut anda
Cara memelihara belut selanjutnya adalah dengan membangun sebuah lingkungan untuk tempat tinggalnya. Carany adalah sebagai berikut:
-    Ambil lumpur, isikan ke dalam bak hingga memenuhi tinggi 10 cm;
-    Tumpuk jerami di atas lumpur tadi;
-    Letakkan pelepah pisang yang dipotong-potong sebelumnya. Tumpuk hingga mencapai ketebalan kurang lebih 10 cm;
-    Masukkan pupuk kandang;
-    Tumpuk lagi dengan lumpur setebal 5 cm;
-    Tuang air ke dalam wadah dengan kondisi 2/3 bagian tidak terendam. Bagian tak terendam ini nanti menjadi tempat bertelur belut-belut anda.

4. Pakan belut
Pakan terbaik bagi belut adalah bekicot, keong, ikan kecil, dan cacing sutra. Anda juga bisa memberi pakan pelet untuk belut. Berilah makan belut satu kali sehari, pada malam hari, karena belut adalah hewan nocturnal yang notabene mencari makan pada malam hari.
Ingat untuk memberikan pakan secara rutin, jangan terlambat, dan pastikan porsinya tepat. Karena belut bisa memakan sesamanya ketika memasuki masa perubahan kelamin.
Bila cara memelihara belut di atas masih terasa membingungkan, anda harus mengikuti pelatihan budidaya yang sudah banyak diselenggarakan dimana-mana.

Anda suka dengan artikel Cara Memelihara Belut ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Memelihara Bebek. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Memelihara Belut" :

Ditulis dalam Kategori Blog.