Apa yang membuat kucing menjadi hewan peliharaan yang cukup populer? Ya, karena perilakunya yang menggemaskan. Tahukah anda, kucing adalah hewan perasa yang sensitif. Bagi anda yang baru mulai memelihara kucing, ini dia tips cara memelihara kucing untuk anda.

Tips Cara Memelihara Kucing :

1. Pelajari kebiasaannya
Coba perhatikan kebiasaan kucing anda. Dan bila menemukan habit atau prilaku yang buruk, bersikaplah tegas dan tunjukkan bahwa anda tidak menyukainya. Memang terkesan tidak mungkin, tetapi kucing bisa mengerti.

2. Makanan kucing    
Berikan makanan khusus untuk kucing secara rutin, maksimal 4 kali sehari. Ingat, makanan anjing tidak boleh diberikan pada kucing. Karena kucing butuh nutrisi bernama taurin yang membantu mencegah penglihatan kucing menjadi kabur dan juga mencegah sakit jantung pada kucing. Dan taurin ini tidak terkandung dalam makanan anjing.
Satu lagi yang penting, meski ukuran tubuhnya lebih kecil, anak kucing butuh gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan kucing dewasa.
Bila anda ingin memberikan makan seperti susu dan nasi, tunggu sampai kucing memasuki usia 8 bulan.

3. Mandi kucing
Kucing tidak harus mandi rutin dua kali sehari seperti manusia. Mandikan kucing anda bila bulu-bulunya sudah mulai kotor dan bau. Untuk memandika kucing, hindari menggunakan air hangat karena bisa menyebabka iritasi pada kulitnya.

4. Rawat bulu kucing anda
Biasakan untuk menyikat bulu kucing dengan rutin. Ini akan membantu menghaluskan bulunya serta menyingkirkan kuman-kuman.

5. Ajak bermain di luar
Jangan kurung kucing anda. Ajaklah ia bermain-main di luar ruangan atau kandangnya. Ini akan membantu perkembangannya dan membuatnya lincah serta terhindar dari risiko obesitas.

6. Ajari kebiasaan yang baik
Tidak hanya anjing, kucing juga bisa diajari kebiasaan-kebiasaan baik seperti tidur di tempat tidurnya sendiri, buang air di toilet, dan juga mengenal jam makannya.

7. Vaksinasi
Demi menyelamatkan kucing kesayangan anda dari penyakit dan juga virus, lakukan vaksinasi rutin.
Dan yang paling penting, jaga kebersihan tubuhnya, termasuk kebersihan telinga, kebersihan mata, mulut, serta kuku.
Dengan cara memelihara kucing di atas, kucing kesayangan anda pasti akan selalu sehat, ceria, dan menggemaskan.

Anda suka dengan artikel Cara Memelihara Kucing ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Memelihara Belut. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Memelihara Kucing" :

Ditulis dalam Kategori Cara-Cara.