Ada cara sederhana tentang bagaimana mengajar anak membaca. Sebelumnya, sebagai orangtua, anda tentunya mengerti seperti apa karakter dan minat anak anda. Manfaatkanlah hal ini untuk menaikkan minatnya belajar membaca.
Berikut ini tips mengajari anak anda membaca tanpa membuatnya merasa dipaksa melakukan sesuatu yang tidak ia senangi.

Tips Bagaimana Mengajar Anak Membaca :
1. Suasana menyenangkan
Ciptakanlah suasana menyenangkan ketika tiba saatnya belajar membaca. Hal ini penting, karena dengan suasana hati yang baik, anak-anak akan merasa lebih nyaman menerima pelajaran. Metode konstruktif ini juga menghindarinya cepat bosan.

2. Pendekatan perlahan yang menyenangkan

Lakukanlah pendekatan perlahan. Bila harus menarik perhatiannya dengan gambar-gambar dan suara-suara yang menarik, lakukanlah. Ini sebagai awal untuk menciptakan rasa senang dan ketertarikannya.
3. Kata dulu, lalu huruf
Perhatikan, seorang balita akan lebih mudah meniru kata-kata, daripada harus mengenali hurufnya satu-persatu. Nah, dari sinilah ia akan belajar, pertama mengenali kesatuan kata, kemudian mengeja hurufnya satu persatu.

4. Jangan membentak

Bila anak tidak lekas mengerti, jangan sekali-sekali membentaknya. Ini hanya akan membuatnya marah dan merasa tidak nyaman. Dan akibatnya, ia akan menolak untuk belajar. Sebaliknya, gunakan kata-kata yang halus dengan nada yang baik.
5. Terapkan waktu maksimal
Tips bagaimana mengajar anak membaca selanjutnya adalah dengan menerapkan waktu maksimal untuknya belajar membaca, 30 menit, misalnya. Lebih dari itu, bila anak anda kelihatan bosan dan mulai merengek, maka hentikanlah.
6. Belajar sambil bermain
Cara ini cukup efektif. Ajaklah anak anda belajar sambil bermain. Gunakan gambar-gambar dengan warna yang menarik. Bila anda memiliki komputer, coba manfaatkan berbagai aplikasi menarik.
7. Tes berkala
Untuk mengetahui perkembangannya, coba lakukan tes berkala. Lakukanlah secara terselubung, ketika ia sedang mudah diajak berkomunikasi.
Jadi, bagaimana mengajar anak membaca? Kuncinya adalah dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, menarik perhatiannya menggunakan gambar, warna, dan suara yang menarik, danĀ  menghindari suasana tegang. Dan yang paling penting, jangan membentaknya ketika menolak belajar, sebaliknya, alihkan dulu perhatiannya kemudian mulai lagi ketika suasana hatinya kembali membaik.

Anda suka dengan artikel Bagaimana Mengajar Anak Membaca ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Melancarkan Haid Dengan Cepat. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Bagaimana Mengajar Anak Membaca" :

Ditulis dalam Kategori Blog.