Bagi anda, Ibu atau Ayah yang sedang mengajari anak pertama, mungkin anda akan sedikit bingung, bagaimana cara mengajar anak membaca dan menulis? Si kecil yang mulai memasuki masa sekolah nanti akan dihadapkan pelajaran membaca dan menulis. Bila cara belajar di sekolah dan di rumah berbeda, ia akan cenderung sulit mencerna karena bingung. Oleh karena itu, usahakanlah untuk menciptakan cara belajar yang mirip dengan di sekolah, agar ia tidak kaget nantinya.

Cara Mengajar Anak Membaca dan Menulis :

1. Manfaatkan buku bergambar
Di sekolah, akan lebih sering menggunakan gambar dan bentuk sebagai awal belajar mengenali kata. Ini juga bisa anda terapkan di rumah. Manfaatkanlah buku-buku bergambar untuk menarik minatnya.

2. Contohkan bunyinya dengan jelas
Contohkan bunyi sebuah huruf atau kata dengan jelas. Anda bisa menarik perhatiannya dengan menyanyikannya.

3. Gunakan bentuk untuk mengenali angka
Cara mengajar anak membaca dan menulis agar ia lebih tertarik dan lebih mudah mengingat, adalah dengan menggunakan bentuk-bentuk untuk mengenali sebuah angka. Bentuk kursi terbalik untuk angka 4, bebek untuk angka 2, atau telur untuk angka 0, misalnya.

4. Belajar sambil bermain
Di sekolah pun, anak-anak akan belajar sambil bermain. Tentunya bermain yang memiliki hubungan dengan pelajaran. Anda bisa membelikannya satu set mainan berwarna-warni dengan bentuk angka dan huruf. Atau sebungkus biskuit atau vitamin berbentuk angka dan juga huruf.

5. Jangan memaksa
Bila anak terlihat mulai bosan dan uring-uringan, jangan memaksanya untuk melanjutkan pelajaran. Secara bertahap, tingkatkan waktu belajarnya. Untuk pertama, terapkan 10 menit, kemudian 15 menit, dan seterusnya.

6. Bacakan cerita
Bangun imajinasinya dengan membacakan sebuah cerita melalui buku cerita bergambar. Ekspresikan setiap kata yang anda ucapkan agar ia mengerti maksudnya.

7. Berikan reward
Buatlah anak merasa senang dan bangga setiap kali ia berhasil membaca dan menulis dengan benar. Berikan pujian dengan bertepuk tangan, memberi senyum, dan kata-kata positif seperti ‘pintar’, ‘hebat’, dan lain sebagainya.
Nah, dengan tips-tips di atas, tentunya cara mengajar anak membaca dan menulis tidak lagi terasa sulit.

Anda suka dengan artikel Cara Mengajar Anak Membaca Dan Menulis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Aplikasi Al-Quran Untuk Blackberry. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengajar Anak Membaca Dan Menulis" :

Ditulis dalam Kategori Cara-Cara.