Cacar Air merupakan salah satu penyakit kulit yang umum terjadi dan dikenal oleh masyarakat. Penyakit cacar air termasuk dalam kategori penyakit menular. Hampir semua orang pernah mengalami penyakit ini. Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oelh infeksi virusvaricella-zoster. Penularannya bisa terjadi melalui kontak langsung dengan kulit penderita, udara dan cairan pernapasan.

Gejala penyakit cacar air yang kerap terjadi bisanya ditandai dengan demam ringan, pilek, nafu makan berkurang, sakit kepala hingga kemudian muncul bintik merah pada kulit. Lama-kelamaan, bintik merah tersebut akan membentuk gelembung yang berisi cairan. Ruam tersebut kemudian menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan sekaligus rasa nyeri.

Untuk menyembuhkan penyakit ini, ada beberapa macam perawatan misalnya dengan mandi air hangat , menaburi bagian tubuh yang terkena cacar air dengan bedak anti gatal, sebisa mungkin untuk tidak menggaruk kulit yang terkena cacar, dan sering lah berganti pakaian apalagi jika memang dirasa sudah kotor atau tidak nyaman dipakai.

Ada banyak obat tradisional yang bisa Anda coba khasiat nya untuk menyembuhkan penyakit cacar air:

1.    Mengonsumsi jus buah mengkudu matang sebanyak 2 kali sehari.
2. Mencampur dan menghaluskan kunyit dengan asam jawa. Kemudian mengoleskannya dibagian tubuh yang terkena cacar air.
3.  Menggunakan kulit buah semangka yang dihaluskan untuk menghilangkan bekas luka cacar.
4. Mencampur air buah kelapa mudah dengan beberapa sendok madu kemudian meminumnya.
5.  Merebus  temulawak, kencur, asam jawa dan jahe untuk kemudian meminum air rebusannya dengan dosis 2-3 kali dalam sehari.
6.    Meminum air campuran 1 sendok teh jintan hitam, 3 lembar daun sirih, 5 gram bangle dan pinang, 1 siung bawang merah dan 1 batang serai yang telah direbus hingga matang. Untuk dosisnya dikonsumsi sebanyak tiga sendok makan dalam setiap kali minum.
7.    Merebus beberapa lembar daun jarak dengan beberapa liter air. Kemudian menggunakan air rebusannya sebagai air untuk mandi. Gunakan sebanyak 2 kali sehari dalam keadaan hangat.

Anda suka dengan artikel Obat Tradisional Cacar Air ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Obat Batuk Tradisional Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tradisional Cacar Air" :

Ditulis dalam Kategori Blog.