Flu dan batuk merupakan penyakit yang paling sering dialami setiap orang. Penyebab utamanya biasanya dikarenakan oleh cuaca yang buruk dan tidak menentu setiap harinya.  Flu sendiri merupakan gangguan pernapasan yang biasanya ditandai dengan hidung tersumbat, bersin, pilek, demam dan tenggorokan gatal. Sedangkan pengertian dari batuk adalah salah satu penyakit pernapasan yang disebabkan oleh bakteri bernama Bordetella Pertussis. Batuk terjadi karena proses mekanisme pembersihan saluran pernapasan dari cairan, kotoran dan lender yang berada dalam saluran pernapasan.

Untuk mengatasi penyakit flu dan batuk, sebaiknya dilakukan pengobatan dengan bahan-bahan alai atau herbal karena dinilai akan sangat efektif dan aman bagi kesehatan tubuh.

1.    Madu
Siapa yang tak kenal dengan cairan manis yang berasal dari lebah ini. Madu sudah dipercaya sebagai obat segala macam penyakit sejak zaman dahulu. Madu dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan diyakini mengandung antioksidan dan antibacterial yang dapat menambah sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dan serangan radikal bebas. Madu juga terbukti dapat meringankan batuk. Caranya dengan mencampurkan perasan jeruk dengan beberapa sendok madu, kemudian diminum.

2.    Jahe
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam jahe dapat membentengi tubuh dari serangan segala macam penyakit. Jahe juga dapat menghangatkan tubuh. Sudah sejak beratus-ratus tahun lalu dikenal dalam pengobatan Cina untuk memerangi masalah masuk angin, meringankan batuk, demam dan gejala flu. Caranya adalah dengan merebus 2 gelas air dengan beberapa ruas jahe hingga mendidih. Kemudian airnya diminum bersama beberapa sendok madu dan perasan jeruk nipis. Minuman ini juga bisa dikonsumsi meskipun badan sedang sehat.

3.    Bawang Merah
Siapa sangka jika bawang merah ternyata merupakan bahan alami yang terbukti ampuh dalam mengobati flu dan batuk. Caranya adalah dengan mencampurkan 5 ml jus bawang merah dengan 10 ml madu murni. Minumlah campuran tersebut dua kali sehari.

4.    Kumis Kucing
Ambillah larutan air kumis kucing sebanyak 5 mi, kemudian campurkan dengan 10 ml madu murni. Minum secara rutin, dengan dosis sebanyak dua kali setiap harinya.

Anda suka dengan artikel Obat Tradisional Flu Dan Batuk ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Obat Tradisional Gatal Kulit. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tradisional Flu Dan Batuk" :

Ditulis dalam Kategori Blog.