Chikungunya merupakan sejenis penyakit deman yang disebabkan olej alpavirus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti, nyamuk yang juga menjadi penyebab demam berdarah. Virus chikungunya pertama kali ditemuan di Tanzania, Afrika Timur pada tahun 1952. Pada beberapa kasus, dapa dijumpai beberapa penderita penyakit chikungunya, tubunya akan membungkuk akibat rasa nyeri yang luar biasa pada persendian tangan dan kaki.

Gejala penyakit chikungunya umumnya diawali dengan demam tinggi, mual, sakit perut, muntah dan sakit kepala. Selain itu penderita juga akan merasakan rasa nyeri pada sendi dan otot serta bintik-bintik merah pada tangan dan badan. Sekilas gejalanya sama dengan gejala demam berdarah namun pada penyakit chikungunya tidak sampai terjadi pendarahan hebat dan kematian. Masa inkubasi penyakit ini adalah semalam dua sampai empat hari sementara manifestasinya selama tiga sampai sepuluh hari.
Untuk pengobatannya penyakit chikungunya selain tersedia juga pengobatan medis dari dokter dan ahli kesehatan, juga tersedia juga pengobatan herbal dengan mengandalkan bahan-bahan alami seperti kulit buah manggis, daun sirsak dan air kelapa. Ketiga bahan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit chikungunya karena mengandung zat-zat penting yang bisa membunuh virus penyebab penyakit chikungunya.
Kulit buah manggis mengandung zat xanthone yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal segala macam serangan radikal bebas. Sedangkan daun sirsak memiliki senyawa yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit. Sedangkan air kelapa, sepertinya sudah bukan rahasia lagi jika air kelapa memiliki banyak khasiat. 
Air kelapa lebih bernutrisi dibandingkan susu, air kelapa juga bisa memperbaiki sirkulasi darah dan dapay membersihkan saluran pencernaan. Selain itu air kelapa juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik sehingga tubuh tidak  rentan terkena penyakit.
Untuk mengobati penyakit chikungunya Anda bisa membuat jus daun sirsak dengan kulit buah manggis sendiri dirumah secara rutin. Selain itu diikuti dengan memperbanyak minum air kelapa muda.

Anda suka dengan artikel Obat Tradisional Chikungunya ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Obat Tradisional Campak. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tradisional Chikungunya" :