Penyakit eksim atau Dermatitis adalah penyakit kulit yang menular. Secara umum penyakit ini ditandai dengan kulit yang memerah, membengkak dan gatal-gatal. Eksim bisadisebabkan oleh benada-benda yang memicu timbulnya alergi pada kulit misalnya logam, sabun ataupun kosmetiik. Selain itu bisa juga dipicu oleh garukan pada kulit atau varises.

Gejala penyakit eksim biasanya akan muncul pada anak-anak usia diatas 2 tahun dan umumnya eksim akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Namun tidak sedikit pula yang menderita penyakit ini seumur hidupnya.

Berikut ini gejala-gejala dan tanda-tanda penyakit eksim yang biasa terjadi:

-     Muncul rasa gatal terutama dimalam hari.
-     Rasa panas dan dingin yang berlebihan pada kulit yang terkena eksim.
-   Pada kulit akan tampak lepuhan-lepuhan kecil dan kulit menjadi bersisik serta kasar yang juga diikuti dengan pembengkakan.
-     Penyakit eksim akan sangat cepat sekali menular pada kulit yang lain.
-   Eksim kering biasanya akan membuat kulit menjadi kering dan bersisik disertai dengan kemerah-merahan, bengkak dan gatal. Sedangkan eksim basah biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit, bengkak, melepuh dan timbul bintik-bintik basah yang mengandung air atau nanah yang juga disertai dengan rasa gatal.

Penyakit eksim bisa disembuhkan dengan beberapa ramuan obat tradisional:

1.    Ramuan Pertama
Sediakan 6 lembar daun sirih, 5 jari rimpang temu mangga, 2 sendok teh air perasan jeruk nipis dan 2 sendok teh madu. Kemudian cuci daun sirih dan temu mangga hingga bersih kemudian iris tipis. Rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas air saja. Minum ramuan tersebut yang sebelumnya telah ditambahkan air perasan jeruk nipis dan madu, sebanyak 2 kali sehari.

2.    Ramuan kedua
Haluskan bawaang merah secukupnya lalu campurkan dengan herba thyme. Aduk hingga menjadi krim. Oleskan krim tersebut pada kulit yang terkena eksim dengan terlebih dahulu membersihkan permukaan kulit tersebut dengan air hangat.

3.    Ramuan ketiga
Haluskan kunyit, kapur sirih, ragi tape dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena eksim.

Anda suka dengan artikel Obat Tradisional Eksim Kering ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Obat Tradisional Flek Paru-Paru. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tradisional Eksim Kering" :

Ditulis dalam Kategori Blog.