Encok merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat dalam jaringan ikat, yaitu ruang antara dua tulang atau di dalam tulang itu sendiri. Penumpukan kristal ini kemudian menyebabkan terjadinya peradangan arthritis yang memicu terjadinya pembengkakan, rasa nyeri, panas, kemerahan dan rasa kaku pada sendi.

Asam urat yang menumpuk dalam persendian tersebut merupakan zat yang dihasilkan dari pemecahan purin. Purin sendiri merupakan bagian dari semua jaringan manusia yang juga bisa ditemui dalam berbagai jenis makanan. Dalam kondisi tubuh yang sehat, asam urat ini akan larut dalam darah dan melewati ginjal hingga kemudian dikeluarkan melalui urin. Namun jika terjadi gangguan, maka produksi asam urat akan meningkat sehingga ginjal pun tidak akan kuat menghilangkan kadar zat asam urat tersebut. kondisi ini kemudian memicu terjadinya hyperuricemia atau suatu keadaan dimana kadar asam urat dalam darah meningkat dan melebihi batas.

Beberapa faktor lain penyebab encok adalah

  1. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol sehingga dapat menghalangi perjalanan aam urat keluar dari dalam tubuh.
  2. Kelebihan berat badan atau obesitas.
  3. Terjadi kerusakan pada salah satu enzim pemecah purin dalam tubuh.
  4. Adanya pengaruh genetik atau keturunan.

Beberapa bahan-bahan alami seperti sayuran dan buat ternyata terbukti ampuh dalam mengobati encok, untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

-          Dengan mengonsumsi buah ceri sebanyak 20 buah setiap harinya, maka rasa sakit encok Anda bisa teratasi.

-           Buatlah jus sayuran yang terdiri dari ketimun, bit, dan wortel. minumlah just tersebut secara rutin setiap harinya sehingga asupan gizi Anda dapat terpenuhi.

-          Konsumsi minimal 1 buah apel setiap harinya, apel mengandung malic acid yang dapat menetralkan asam urat penyebab encok.

-          Lakukan diet pisang sebanyak 8 hingga 10 buah pisang setiap harinya. Pisang diyakini dapat menyembuhkan dan meredakan penyakit encok.

-          Minum perasan jeruk limau. Jeruk limau terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin inilah yang kemudian akan menyembuhkan rasa sakit pada persendian dan menguatkan jaringan penghubung.

Anda suka dengan artikel Obat Tradisional Encok ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Obat Tradisional Chikungunya. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tradisional Encok" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengobati.