Makanan khas Korea Selatan sudah pasti tidak asing lagi bagi Anda yang hobi menonton Korean Drama baik di televisi, situs-situs internet, ataupun DVD. Sebab hampir di setiap drama yang dimainkan akan selalu menghadirkan aneka makanan yang menjadi ciri khas dari masyarakat Korsel. Apakah Anda penasaran apa saja makanan khas negeri Ginseng tersebut?

1.    Kimchi
Negara Korea memang kerap dipresentasikan oleh kimchi sebagai salah satu makanan yang paling terkenal di sana. Siapa di antara kita yang belum pernah melihat kuliner khas Korsel yang satu ini? Makanan yang terbuat dari sawi berfermentasi dan dibumbui dengan bawang merah, udang krill, bawang putih, cabai, jahe, sari buah pir, dan sebagainya ini menjadikan rasa pedas, asam, dan manis yang tentu saja menjadi favorit dari masyarakat setempat. Pada umumnya, setelah dimasak kimchi akan disimpan satu hingga dua hari terlebih dulu, baru siap untuk disantap.

2.    Gimbap
Nasi yang digulung dengan rumput laut berisi aneka sayuran, daging, ikan, keju, kacang-kacangan, sosis, dan telur goreng di Korea Selatan ini dinamakan gimbap. Jika melihat sekilas, memang terlihat seperti sushi yang berasal dari Jepang.

3.    Bibimbap
Nasi campur khas Korea Selatan ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Sekarang ini, kita bisa dengan mudah mencicipi bibimbap di restoran-restoran Korea. Bibimbap berisi nasi yang dicampur dengan aneka sayuran segar tumis dan sudah diberi bumbu, telur mata sapi mentah atau setengah matang, daging sapi, dan saus sambal (gochujang). Bibimbap biasanya dihidangkan pada mangkuk batu panas (hot stone bowl) seperti pada sajian steak untuk mempertahankan panas pada masakannya.

4.    Jajangmyeon

Mie kedelai hitam khas Korea Selatan ini memang sudah sangat populer, bahkan sekarang ini kita juga bisa menyantapnya dalam kemasan mie instant. Jajangmyeon juga sering disebut sebagai mie hitam karena warna bumbu kedelainya yang hitam, berisi berbagai sayuran serta bawang bombay, dan daging.

5.    Samgyetang
Makanan khas Korea Selatan yang tak kalah populer adalah sup ayam yang dibumbui dengan ginseng, kacang, bawang putih, jojoba, dan hedysarum. Masyarakat Korea pada umumnya gemar menyantap sup ini, khususnya ketika musim panas tiba. Samgyetang dipercaya dapat menambah energy tubuh.

Anda suka dengan artikel Makanan Khas Korea Selatan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Proses Terjadinya Hujan Buatan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makanan Khas Korea Selatan" :

Ditulis dalam Kategori Budaya Lokal.