Fatamorgana memang sudah menjadi sebuah fenomena yang kerap terjadi di sekitar kita. Fatamorgana sering diartikan sebagai cahaya yang dipantulkan oleh lapisan udara yang sangat panas akibat pemanasan global yang tengah dialami bumi. Bayangan dan beda pantulan tersebut akan terlihat menyerupai pemukaan air. Pada awalnya, sebutan fatamorgana sendiri diadaptasi dari bahasa Italia yang berasal dari nama seorang sanak saudara Raja rthur yakni Faye le Morgana. Menurut cerita, Faye le Morgana adalah peri yang dapat berubah wujud.

Akan tetapi, fatamorgana sebenarnya merupakan salah satu fenomena yang merupakan salah satu konsep Fisika, yakni pembiasan. Pada umumnya, fatamorgana sering dialami oleh orang-orang ketika tengah berada di jalan beraspal, gurun pasir, dan lautan. Menurut kajian fisika, proses terjadinya fatamorgana dimulai dari proses pembiasan yang terjadi pada 2 medium lewat lapisan-lapisan udara yang mempunyai suhu berbeda antara panas dan dingin. Suhu dingin mempunyai kerapatan yang lebih pekat dan berat daripada suhu panas.

Sementara itu pada faktanya, lapisan udara yang panas di dekat tanah sudah tertangkap oleh lapisan udara dingin di atasnya sehingga menghasilkan pantulan. Maka dari itu, sinar cahaya berjalan di dalam medium yang mempunyai indeks bias yang tinggi seperti kaca, air, dan juga plastik ke medium yang mempunyai indeks bias lebih rendah seperti salah satuya adalah udara. Hail itu mengakibatkan gambar bersifat semu dan terbalik bakal membentuk satu fenomena fatamorgana ini. Hingga sekarang ini, terdapat dua macam fatamorgana, yakni superior dan inferior.

Fatamorgana superior akan terjadi di atas cakrawala lantaran suhu dingin berada di bawah suhu hangat. Maka dari itu, fatamorgana superior akan ditemukan pada air atau es yang amat dingin. Sementara itu, fatamorgana inferior memang lebih sering terjadi, seperti melihat satu benda yang terlihat seperti sebenarnya meskipun refleksi terdapat di dalam air. Fatamorgana merupakan peristiwa yang menyebabkan kita melihat satu ilusi atau mirage. Pernahkah Anda mengalami fatamorgana sebelumnya? Benda apakah yang terlihat di pandangan Anda?

Anda suka dengan artikel Proses Terjadinya Fatamorgana ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Proses Terjadinya Fatamorgana" :