Aktivitas sehari-hari yang kita jalankan terkadang menuntut kita untuk menggunakan komputer sebagai salah satu sarana untuk bekerja, belajar, maupun sekedar bermain. Berdasarkan pengamatan, ketegangan mata atau gangguan pada mata terjadi sekitar 50 hingga 90 persen yang disebabkan karena penggunaan komputer. Hal ini tentu saja tidak baik untuk terus-menerus dibiarkan begitu saja, sebab selain akan merusak indera penglihatan kita, hal ini juga dapat menyebabkan kelelahan fisik, dan meningkatnya suatu kesalahan dalam bekerja.

Berikut ini akan kami berikan lima langkah untuk mengurangi dan mengatasi kelelahan mata akibat menggunakan computer :

  1. Berilah penerangan yang cukup
    Penerangan yang baik dan cukup di dalam sebuah ruangan secara tepat akan membuat Anda dan pengguna komputer lainnya akan merasa lebih nyaman saat bekerja, dalam arti kata, penerangan di dalam ruangan itu tidak terlalu terang, tidak juga terlalu gelap. Kemudian hindari cahaya berlebih yang masuk kedalam ruangan.
  2. Sesuaikan tingkat kenyamanan pada layar monitor
    Menyesuaikan tingkat kenyamanan pada layar monitor Anda bisa dimulai dengan mengatur tampilan brightness dan contrast pada monitor komputer sehingga lebih nyaman dipandang mata. Sesuaikan pula ukuran huruf atau font dengan warna background yang tidak membuat Anda mengalami kesulitan membaca.
  3. Berkediplah sesering mungkin
    Mengedipkan mata sesering mungkin merupakan langkah yang sangat berguna agar mata Anda tidak mengalami kekeringan atau iritasi. Saat Anda bekerja di depan komputer, maka mata Anda akan lebih jarang berkedip daripada biasanya. Kemudian, air mata akan menguap dengan lebih cepat pada ruangan AC atau yang tertutup. Bila perlu, gunakan obat tetes mata khusus sebagai pengganti air mata. Anda bisa juga melakukan istirahat pada mata Anda setiap 20 menit dengan cara mengedipkan mata dengan cepat sebanyak 10 kali kemudian tutup mata anda selama 2 menit.
  4. Beristirahat sejenak
    Beristirahat merupakan langkah dan solusi yang paling tepat untuk meringankan dan mengatasi kelelahan pada mata akibat penggunaan komputer. Luangkan diri Anda sebentar untuk melakukan stretching atau peregangan otot selama 5 menit agar otot di sekitar leher, punggung, dan bahu dapat relaks kembali.
  5. Gunakan kacamata khusus pengguna komputer.                                                                                                                                              Penggunaan kacamata khusus pada saat menggunakan komputer juga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menangkal radiasi penyebab kerusakan mata. Berbeda dengan lensa pada umumnya, kacamata ini memberikan jarak pandang yang optimal ke layar monitor. Penting diperhatikan! Jangan menggunakan lensa kotak saat menggunakan komputer karena akan membuat mata Anda semakin kering.

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Komputer ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengembangkan Usaha Alat Tulis Kantor. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Komputer" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengatasi.