Infeksi telinga bisa disebabkan oleh adanya gangguan dari bakteri yang menyebabkan infeksi pada bagian dalam telinga, terutama pada bagian tengah dan dalam telinga. Bakteri-bakteri penyebab infeksi telinga tersebut adalah Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Moraella catarrhalis, Haemophilus influenzae dan Streptococcus pneumonia. Sebenarnya bakteri-bakteri tersebut tidak membahayakan jika saja pertumbuhan dan jumlah bakteri-bakteri tersebut tidak banyak atau meningkat.

Dalam kondisi normal telinga memiliki bagian tengah yang terisi udara. Didalamnya terdapat tabung sempit bernama tabung Eustachia yang menghubungkan telinga dengan bagian belakang hidung. Infeksi telinga yang biasa terjadi pada anak-anak biasanya terjadi karena tabung tersebut masih sangat pendek dan sempit sehingga lebih mudah tersumbat bakteri.

Gejala infeksi telinga yang sering terjadi adalah adanya nyeri dan ketidaknyamanan di dalam telinga yang terus menerus terjadi. Awalnya hanya nyeri ringan namun kemudian bertambah parah menjadi rasa sakit yang luar biasa. Selanjutnya diikuti dengan munculnya demam ringan sampai sedang. Jika sudah parah, maka akan keluar cairan dari dalam telinga. Beberapa penderita bahkan kehilangan kemampuan mendengar sementara. Tak hanya itu, penderita juga akan mengalami rasa pusing dan sakit kepala.

Untuk penanganan infeksi telinga, sebaiknya penderita langsung dibawa ke dokter spesialis THT untuk segera mendapatkan pengobatan. Bakteri penyebab infeksi tersebut biasanya akan dihancurkan dengan menggunakan antibiotik. Pasien juga akan mendapatkan obat seperti obat tetes telinga dan obat penghilang rasa sakit.  Selain pengobatan secara medis, terdapat juga pengobatan secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami:

  1. Daun sambiloto
    Ambillah daun sambiloto sebanyak 9-15 gram, kemudian cuci bersih. Haluskan daun tersebut lalu peras hingga tersisa air perasannya saja. teteskan air perasan tersebut kedalam telinga yang terinfeksi.
  2. Tea tree oil
    Selain berguna untuk kecantikan, tea tree oil juga berfungsi untuk menghancurkan bakteri dan mengeringkan cairan yang terakumulasi dalam telinga yang terinfeksi. Caranya dengan mengencerkan beberapa tetes tea tree oil kedalam air dengan perbandingan yang sama, kemudian teteskan pada telinga yang terinfeksi. Tahan hingga 5 menit dan miringkan kepala sehingga cairan dari dalam telinga bisa keluar.

Anda suka dengan artikel Obat Tradisional Infeksi Telinga ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Proses Terjadinya Pasang Surut Air Laut. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tradisional Infeksi Telinga" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengobati.