Makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil memang perlu diketahui dengan benar. Ya, untuk Anda para ibu yang sedang mengandung, tentu saja harus berwaspada dan ekstra cerdas dalam memilih asupan gizi yang akan masuk ke dalam tubuh kita karena akan mempengaruhi kondisi tubuh Anda dan juga janin di dalam kandungan. Dengan memperoleh asupan gizi yang seimbang, maka baik ibu dan sang janin bisa sama-sama berada dalam kondisi tubuh yang sehat,
Setidaknya ibu hamil membutuhkan 2.500 kalori per harinya. Pada setiap porsinya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 35 persen kalori dari lemak, 10 persen kalori protein, dan juga 55 sumber kalori dari karbohidrat. Berikut adalah makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil :

  1. Buah dan sayuran                                                                                                                                                                                                                     Ibu hamil wajib menyantap sayur dan buah-buahan sekurang-kurangnya tiga hingga empat kali dalam satu hari. Buah dan sayuran yang baik untuk disantap diantaranya adalah melon, jeruk, tomat, strawberry, lemon, pepaya, brokoli, dan kacang-kacangan. Sayuran hijau dan buah-buahan ini mampu menambahka energy dan melengkapi kebutuhan tubuh akan zat mineral dan vitamin bagi ibu hamil.
  2. Gandum                                                                                                                                                                                                                              Memang terdapat sejumlah dokter yang lebih menyarankan ibu hamil untuk memakan gandum ataupun sereal daripada nasi. Whole grain, pasta, dan roti gandum memiliki kandungan mineral, serat, zat besi, serta vitamin B yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan.
  3. Susu                                                                                                                                                                                                                                             Tak dapat dipungkiri lagi jika setiap ibu hamil dianjutkan untuk meminum susu. Selain itu, kita juga bisa menyantap berbagai makanan lainnya yang terbuat dari susu seperti yoghurt dan susu. Susu yang mengandung kalsium memang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi dan tulang si janin kelak.
  4. Ayam, ikan salmon, daging                                                                                                                                                                                               Ayam, ikan, dan daging juga perlu dikonsumsi oleh setiap ibu hamil untuk mendapatkan 60 gram protein yang dibutuhkannya setiap hari. Protein ini akan membangun antibody yang kuat untuk ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Selain itu, Anda juga diperbolehkan menyantap telur dan kacang-kacangan, tetapi harus memperhatikan porsinya.

Anda suka dengan artikel Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Doa Agar Dimudahkan Dalam Persalinan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil" :

Ditulis dalam Kategori Cara Cepat Hamil.