Hampir semua orang pernah mengalami sakit sakit cacar air. Penyakit yang tidak pandang bulu ini memang bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Penyakit ini juga termasuk dalam kategori penyakit menular yang ditularkan melalui udara atau adanya kontak langsung dengan sang penderita.

Gejala penyakit ini sangat mudah untuk dikenali, sang penderita awalnya akan mengalami demam disertai dengan bintik-bintik merah pada kulit. Bintik-bintik tersebut akan memenuhi seluruh tubuh mulai dari tangan, kaki, punggung, kaki, dada, bahkan hingga pada bagian wajah. Bintik merah yang baru muncul kemudian akan membentuk gelembung berisi air yang menimbulkan rasa gatal yang hebat, sehingga penderita biasanya tidak akan tahan untuk menggaruknya. Sehingga akan sangat mungkin sekali, terjadi luka parut dan membekas. Gejala lainny adalah hilangnya nafsu makan, sakit kepala, rasa tidak nyaman, sakit perut, cepat lelah dan lemas. Pada beberapa penderita juga akan mengalami batuk ringan dan hidung tidak henti-hentinya mengeluarkan ingus selama 2 hari sebelum bintik-bintik merah tersebut muncul.

Beberapa tanaman herbal memiliki khasiat yang ampuh untuk mengobati penyakit cacar air

  1. Resep 1:  minum jus atau air perasan 2 buah mengkudu. Lakukan hal tersebut ecara rutin 2-3 kali sehari.
  2. Resep 2: dengan merebus 30 gram temu lawak, 25 gram kencur, 15 gram asam jawa dan 15 gram jahe yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 600 cc air hingga menyisakan 300 cc air, kemudian saring dan minum 2-3 kali sehari.

Resep diatas digunakan untuk pengobatan dari dalam, sedangkan untuk pengobatan dari luar, Anda bisa menggunakan

  • Resep 1: menumbuk halus kunyit dan daging buah asam. Kemudian menambahkan minyak kelapa secukupnya. Panaskan adonan tersbut sebentar kemudian setelah hangat, angkat dan oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air.
  • Resep 2: dengan menghaluskan daun asam dengan kunyit yang sudah dicuci bersih. Oleskan pada kulit yang terkena cacar air.

Anda suka dengan artikel Obat Tradisional Cacar Air Pada Balita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mencegah Dan Mengobati Diare. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tradisional Cacar Air Pada Balita" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengobati.