Cara mengatasi cegukan pada bayiCegukan merupakan tiruan dari bunyi "guk" karena udara pada kerongkongan tersendat atau (seperti jika habis memakan makanan yang kering, kemudian tidak minum sehingga menyebabkan udara di kerongkongan tersendat-sendat untuk keluar). Cegukan umumnya terjadi pada bayi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa anda atau anak-anak anda juga mengalaminya.

Yang membedakannya adalah tidak sesering bayi anda. Umumnya,cegukan ini sering sekali dapat menyebabkan bayi menjadi batuk, muntah, dan sangat rewel atau tidak dapat dikendalikan sehingga umumnya bayi dengan usia lebih dari setahun, maka dari itu, sebaiknya sebagai orangtua periksakan hal tersebut pada dokter.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu menghilangkan atau cara mengatasi cegukan pada bayi, diantaranya, selalu berikan monitor pada bayi saat anda menyusui untuk memastikannya bahwa ia minum dengan cara perlahan-lahan,umumnya bayi yang sering mengalami sendawa saat menyusui, merupakan cara yang sangat efektif untuk menghentikan cegukan ini, coba ubahlah poisi saat bayi menyusu pada anda, berikan penenangan juga pada si bayi, pastikan bahwa ibu yang sedang menyusui atau dapat juga dengan memberi makan bayinya dalam keadaan yang rileks dan tenang serta tidak terlalu berlebihan bersemangat, bila bayi anda cegukan dalam keadaan makan ataupun minum, maka coba untuk menepuk-tepuk bayi dengan perlahan-lahan. Serta biarkan ia rileks sebelum ia menyusu atau makan lagi.

Cegukan dapat terjadi dikarenakan adanya kontraksi otot diagfragma yang dapat terjadi tiba-tiba. Biasanya juga tidak memerlukan bantuan medis. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikan burping atau menepuk punggung bayi. Jangan terlalu keras. Agar terjadi sendawa. Cara ini cukup ampuh untuk ibu. Banyak juga mitos yang muncul bahwa dengan cegukan maka, bayi kita akan bertambah besar. Berarti jika tidak cegukan gak besar-besar dong. Ini hanyalah mitos sobat. Jagalah dan sayangi bayi anda. Karena di sana ada harapan terbesar kita.Selamat malam. Sekian tentang cara mengatasi cegukan pada bayi.

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Obat Tradisional Gusi Bengkak. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi" :