Dunia otomotif jaman sekarang perkembanganya begitulah sangat cepat seiring kecanggihan teknologi yang ada, hampir setiap tahun dunia otomotif seperti mobil dan motor bisa mengeluarkan produk-produk keluaran baru mereka dengan keunggulannya masing-masing, maka sejalan dengan itu semakin banyak ketertarikan masyarakat untuk membeli dari produk yang tersedia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik jumlah kendaraan yang ada di Indonesia ditahun 2011 saja sudah mencapai 85jt unit untuk mobil penumpang, bis, truck dan sepeda motor (sum:bps.go.id), maka bisa dipastikan begitu banyaknya jumlah kendaraan yang akan diservice atau diperbaikin perharinya, maka dapat disimpulkan bagaimana peluang usaha bengkel yang ada di Indonesia begitulah menjajikan.
Namun bukan berarti tidak diperlukan strategi untuk bisa mengembangkan usaha bengkel yang kita miliki, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan usaha tersebut:

  1. Tentukan lokasi yang strategis
    Tidaklah diperlukan berada ditengah kota, namun diusahakan berada didaerah yang bisa dijangkau oleh masyarakat dan terpenting berada dikawasan yang atau wilayah yang memang sesuai dengan bengkel yang kita buka, misalnya kita membuka bengkel sepeda motor maka kita haruslah melihat apakah masyarakat disekitar situ memanglah memiliki sepeda motor, bukan malah sebaliknya mayarotis memilki mobil.
  2. Pelayanan prima
    Hal inilah sangatlah diperlukan disetiap usaha yang kita jalankan, jadikan pelanggan sebagai raja yang harus kita layani dengan sangat baik, namun kita juga bisa menambahkan strategi dalam pelayanan prima ini yaitu buat rasa kepercayaan dengan bersedia mengantarkan kendaraan kerumah sipemilik kendaraan jika waktu pngerjaanya lebih dari 1 jam, lalu buat strategi nomor antrian yang jelas, buat tempat tunggu yang nyaman pagi customer, mudah-mudahan pelanggan akan merasa diperlakukan sebagi raja, sehingga ketika kendaraan yang dia miliki mengalami gangguan akan tempat usaha yang kita miliki.
  3. Hargat terjangkau dan transparansinya
    Bicara tentang harga pastilah sangat sensitif, perbedaan harga antara 1 toko dengan toko lain walau hanya 2.000rb rupiah pastilah sangat berpengaruh, maka pastikan harga yang ada tawarkan memanglah sesuai harga pasar atau setidaknya bahkan bisa lebih murah.

Jika ketiga strategi yang ada dapat dijalankan dengan baik, mudah-mudahan usaha yang kita jalankan dapat berkembang dengan baik serta bisa mensejahterakan kehidupan pribadi kita.

Anda suka dengan artikel Cara Mengembangkan Usaha Bengkel ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengatasi Hernia. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengembangkan Usaha Bengkel" :

Ditulis dalam Kategori Bisnis.